PDA

View Full Version : Depok Jadi Kota Penghafal Al-Quran



Ma Ru
23rd November 2012, 08:17
DEPOK - Lagi-lagi, Depok meluncurkan program yang sedikit menggelitik. Selain program Sehari Tanpa Nasi, Sehari Tanpa Mobil Dinas, Makan Pakai Tangan Kanan, Jam Belajar Malam, Gemar Makan Ikan Susu dan Telur, kini ada lagi program lainnya. Yakni program Sehari Satu Ayat atau One Day One Ayat (O-DOA).

Program O-DOA sebuah gerakan mengajak, membimbing dan melatih siswa untuk membaca dan menghafal serta mengerti makna yang terkandung dalam satu ayat Al-Qur’an setiap hari. Sehingga program tersebut diklaim bisa berdampak pada perubahan perilaku religius peserta didik, keimanan dan ketakwaan dan akhlaknya semakin baik.

Program O-DOA mulai disosialisasikan pada apel dan pembinaan para kepala sekolah se-Kecamatan Pancoranmas pada Hari Kamis tanggal 27 September 2012. Mulai diaplikasikan disekolah masing-masing pada Hari Senin tanggal 01 Oktober 2012, oleh para guru agama dan guru kelas.

"Peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia lebih menekankan pada aspek memperbaiki dan mengejar segi akademis, serta kurang menyadari pentingnya kesehatan mental dan kecerdasan emosional peserta didik serta pendidik. Indikasi ini terlihat dari maraknya sikap perilaku peserta didik yang tidak mencerminkan budaya dan karakter bangsa, sehingga sering terjadi tawuran pelajar, tindak kriminal oleh pelajar, kerusuhan," ujar Kepala UPT Pendidikan TK/SD Kec. Pancoranmas, Depok, dalam rilisnya kepada wartawan, Kamis malam (22/11/12).

Program O-DOA, kata Eneng, merupakan pelaksanaan dan penegasan dari Perda Nomor 8 tahun 2010 tentang Pendidikan dimana disebutkan sepuluh menit sampai lima belas menit membaca Al-Qur’an sebelum KBM dimulai. Hanya ada perbedaan O-DOA tidak hanya membaca tetapi dihapalkan satu ayat satu hari dan dipahami artinya.

"Dasar - dasarnya ada Pancasila dan UUD 1945, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Undang-Undang Nomor 14 tahun2005 Tentang Guru dan Dosen, Peraturan Daerah Kota Depok Nomor 8 Tahun 2010 Tentang Pendidikan di Kota Depok, dan rapat Kepala UPT Pendidikan TK/SD Kecamatan Pancoranmas dengan Kepala Sekolah SD, mengenai progaram One Day One Ayat," jelasnya.

Karena itu, program tersebut akan diluncurkan besok (23/11/12) di SDN Depok Baru 3.

SUMBER (http://news.okezone.com/read/2012/11/23/501/722060/depok-luncurkan-program-one-day-one-ayat-o-doa)