Image

okezone.com

Back to Okezone
  • Kongkow
  • Rerun Streaming Redbons Discussion: Saracen, Fenomena Bisnis Ujaran Kebencian (Selasa, 29 Agustus 2017)
29 August 2017 12:32 #1
1813 0

Rerun Streaming Redbons Discussion: Saracen, Fenomena Bisnis Ujaran Kebencian (Selasa, 29 Agustus 2017)



Satuan 
Tugas Patroli Direktorat Siber Bareskrim Polri baru saja menangkap tiga orang yang tergabung dalam sindikat penyebar ujaran kebencian bernama Saracen. Kelompok ini memanfaatkan kemajuan teknologi media sosial untuk menyebarkan hate speech yang bermuatan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) maupun hoax. Terungkap, tindakan ini merupakan bisnis haram mereka yang berlandaskan ekonomi, namun ada yang menyebutnya berasal dari pesanan bermuatan politik.

Dalam melakukan aksinya, ketiga pelaku membuat grup-grup di Facebook atau media sosial lain. Saracen memiliki struktur layaknya organisasi, sebagaimana tercantum di website Saracennews.com, dan telah beraksi sejak November 2015. Ketiganya merekrut anggota melalui daya tarik berbagai unggahan yang bersifat provokatif menggunakan isu SARA sesuai perkembangan tren medsos. Mereka pun dengan mudah menggiring opini masyarakat sesuai keinginannya.

Terkait hal ini, sejumlah pihak meminta para pemangku kebijakan beserta petugas penegak hukum untuk intens memberikan pengawasan, terutama menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018 dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Lalu bagaimana kelanjutan dari kasus ini?  Ikuti pembahasannya dalam Rerun Streaming Redbons Discussion:  Saracen, Fenomena Bisnis Ujaran Kebencian : Selasa, 29 Agustus 2017 Pukul 20.00 WIB di warungkopi.okezone.com

Share :