Image

okezone.com

Back to Okezone
  • Kongkow
  • Rerun Streaming Redbons Discussion: Tragedi Rohingya, Antara Nobel Perdamaian Dan Kemanusiaan (Selasa, 5 September 2017)
5 September 2017 11:37 #1
2040 2

Rerun Streaming Redbons Discussion: Tragedi Rohingya, Antara Nobel Perdamaian Dan Kemanusiaan (Selasa, 5 September 2017)

Selama empat tahun terakhir, etnis Rohingya yang tinggal di perbatasan Myanmar dan Bangladesh yaitu tepatnya di Rakhine State hidup dalam mimpi buruk. Mereka terjebak dalam konflik kemanusiaan yang mengancam jiwa. Banyak versi yang menunjukkan asal mula dari konflik itu terjadi. Namun yang pasti, berbagai perlakuan yang melanggar Hak Asasi Manusia (HAM) telah mereka dapatkan sejak 2012.

Tentara Myanmar menghancurkan setidaknya 1.500 bangunan dan menembaki pria yang tak bersenjata, wanita, dan anak-anak. Bahkan ada video yang muncul menunjukkan penduduk desa duduk di tanah dengan tangan di atas kepala mereka dan tampak seorang tentara memukul salah seorang pria. 

Pembantaian terparah terjadi pada 25 Agustus 2017. Sebanyak 400 gerilyawan Rohingya dibantai oleh Tentara Myanmar. Mereka berdalih melakukan hal tersebut untuk menumpas aksi “teror” dari kelompok etnis Rohingya. Namun setelah ditelusuri, justru hampir 1.000 yang dibunuh oleh tentara tersebut. Tak hanya dibunuh, beberapa di antaranya juga diperkosa terlebih dahulu.

Konflik yang terus-menerus terjadi tidak membuat Pemerintah Myanmar melakukan apa pun. Bahkan penerima Nobel Perdamaian Dunia, Aung San Suu Kyi, tidak berkomentar atas terjadinya konflik tersebut.

Konflik kemanusiaan di Rakhine ini nampaknya masih jauh dari titik penghabisan. Dan selama itu pula, ratusan ribu warga Rohingya tidak dapat lelap memejamkan mata mereka. Lalu bagaimana kelanjutan dari insiden memalukan ini?  Ikuti pembahasannya dalam Rerun Streaming Redbons Discussion:  Tragedi Rohingya, Antara Nobel Perdamaian dan Kemanusiaan : Selasa, 5 September 2017 Pukul 20.00 WIB di warungkopi.okezone.com

Share :
5 September 201715:50 #2
Join Date: 7 June 2017
Post: 149

thanks infonya snagat bagus npwp online