Bau tidak sedap di ****** sering muncul meski sudah rutin dibersihkan. Lantas, apa penyebab utama munculnya bau pada ******?

Bau pada ****** bisa disebabkan oleh kombinasi sekresi ******, keringat eccrine dan apocrine, dan sumber eksternal (urine atau feses). Bau tersebut dapat disebabkan oleh infeksi atau penyakit kelamin seperti keputihan yang berlebihan, gatal, atau rasa sakit dan nyeri pada ******, demikian yang dilansir Health24.

Umumnya ****** memang mengeluarkan bau yang khas. Cairan ****** pada setiap wanita dewasa akan berbau apek dan bervariasi pada setiap wanita, khususnya saat siklus menstruasi.

Jika ****** mengeluarkan bau menyengat, Anda patut waspada karena dapat menimbulkan beberapa penyakit seperti bakteri vaginosis yang mengakibatkan ****** berbau amis, trikomoniasis, yang membuat ****** berbau busuk, atau munculnya keputihan berlebihan yang disertai radang panggul.

Bagaimana cara agar terhindar dari bau menyengat pada ******?

1. Hindari menggunakan celana dalam terlalu ketat.

2. Ganti sesering mungkin pakaian dalam.

3. Jaga kebersihan dengan mandi dua kali sehari dan gunakan sabun kewanitaan saat mengalami keputihan.

4. Gunakan pembalut yang lembut jika sering mengalami buang air kecil yang tidak terasa atau adanya kelainan pada kantung kemih Anda.

5. Jangan membersihkan ****** secara berlebihan atau menggunakan wewangian pada ****** Anda. Ini dapat menimbulkan iritasi pada ****** dan vulva, yang meningkatkan debit dari vulvitis, yaitu infeksi yang disebabkan oleh bahan kimia.

Selamat ber-****** gan...



****** BAU