+ Reply to Thread
Results 1 to 4 of 4

Thread: Kenali Sebelum Memilih.. Inilah Orang-Orang Yang Jadi Caleg

  1. #1

    Kenali Sebelum Memilih.. Inilah Orang-Orang Yang Jadi Caleg

    Partai politik telah menyerahkan Daftar Calon Sementara (DCS) Pemilu Legislatif 2014. Nama-nama populer yang pernah menghias media massa mencalonkan diri menjadi anggota dewan yang terhormat.

    Dari sejumlah nama, ada yang merupakan petualang politik alias pernah nyalonin diri jadi kepala daerah tapi gagal. Ada juga yang wajahnya sering menghias infotainment karena prestasi atau pembuat sensasi. Kenali calon wakil rakyat gan, biar ga salah milih. Karena mereka lah yang akan jadi penyambung lidah rakyat (KATANYA SIH BEGITU).

    Putra Sulung Amien Rais Jadi Caleg PAN

    Kalah dalam pemilihan Wali Kota Yogyakarta pada 2011 tak menyurutkan langkah Ahmad Hanafi Rais untuk tetap fokus di dunia politik. Putra sulung pendiri Partai Amanat Nasional Amien Rais itu maju sebagai calon anggota legislatif DPR. "Hanafi nomor urut 1 untuk daerah pemilihan Yogyakarta," kata Kepala Divisi Komunikasi DPP PAN Bima Arya Sugiarta, Senin, 22 April 2013.

    Menurut Bima, beberapa nama yang sudah cukup dikenal memang menjadi vote getter PAN, termasuk Hanafi Rais. Apalagi ia mewakili wilayah Yogyakarta dan sekitarnya yang dikenal menjadi salah satu basis massa PAN.

    Pada Pemilu 2014 mendatang, Hanafi menggantikan posisi adiknya, Ahmad Mumtaz Rais, yang sukses mendongkrak suara partai pada pemilu periode sebelumnya dan menjadi anggota DPR periode 2009-2014. "Mumtaz tidak nyaleg lagi karena akan melanjutkan st****ya ke luar negeri. Hanafi saja," kata Bima yang saat ini menjadi salah satu calon Wali Kota Bogor yang diusung PAN.

    Hanafi Rais yang saat ini adalah dosen Jurusan Hubungan Internasional Universitas Gadjah Mada kalah tipis dalam pemilihan wali kota Yogyakarta pada 2011 dengan calon yang didukung kerabat Keraton Yogyakarta, Haryadi Suyuti.

    Partai Amanat Nasional menyerahkan 560 nama dalam daftar calon sementara (DCS) anggota legislatif DPR ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) kemarin. Partai ini mengusung sekitar 20 artis atau pegiat dunia hiburan untuk mendongkrak suara partai di Pemilu 2014 nanti. PAN juga memberikan 37 persen untuk kuota calon legislator perempuan dan menempatkan sejumlah calon legislator perempuan pada nomor urut 1.

    SUMBER
    Mau Tahu Caleg Artis PAN? Ada Anang, Desy, Primus

    Jakarta- Partai Amanat Nasional boleh dibilang sebagai partai yang paling banyak mengusung artis dan selebritas sebagai calon anggota legislatifnya pada Pemilihan Umum 2014 mendatang. Para pesohor itu bakal bertarung di tanah kelahirannya masing-masing.

    "Sebenarnya artis ini hanya sebagian besar dari tokoh masyarakat yang kami ambil dari nonkader," kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu PAN Viva Yoga Mauladi, ketika ditemui di kompleks parlemen Senayan, Selasa, 23 April 2013. Dia menyatakan calon nonkader itu diambil dari tokoh masyarakat, tokoh agama, pengusaha, artis, dan atlet.

    Dia mencontohkan sejumlah pesohor yang bertarung pada Pemilu 2014. Misalnya, Anang Hermansyah bertarung di Jawa Timur IV yakni Kabupaten Lumajang dan Jember; Hengky Kurniawan di Jawa Timur V yaitu Kota Malang, Kota Batu, dan Kabupaten Malang; Eko Patrio di Jawa Timur VIII yaitu Jombang, Nganjuk, Madiun, dan Mojokerto.

    Ada pula artis yang bertarung di Jawa Barat, yakni Desy Ratnasari, melalui daerah pemilihan Jawa Barat IV, yaitu Kota dan Kabupaten Sukabumi, Ikang Fawzi di Jawa Barat I yakni Kota Bandung dan Cimahi, Primus Yustisio melalui Jawa Barat III yakni Bogor dan Cianjur, dan Lucky Hakim di Jawa Barat VI yakni Kota Bekasi dan Depok.

    Dua artis lain yakni Dwiki Darmawan akan bertarung di DKI Jakarta II dan Jeremy Thomas melalui daerah pemilihan DKI Jakarta III. Menurut Viva, artis-artis ini menjadi caleg karena sudah memenuhi persyaratan, termasuk pelatihan kader tingkat utama. "Yang belum harus tanda tangan di atas materai bahwa mereka siap ikut pengkaderan," ujarnya.

    KLIK DI SINI
    Di Demokrat Sekeluarga Boleh Nyaleg di Satu Dapil

    Jakarta--Partai Demokrat ternyata membolehkan satu keluarga untuk maju menjadi calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat dari daerah pemilihan yang sama. "Sebelumnya memang sempat dilarang tapi karena ada kejadian khusus akhirnya diperbolehkan," kata Ketua Satuan Tugas Penjaringan Bakal Calon Legislatif Demokrat, Suaedi Marasabessy di kantor DPP Demokrat, Selasa, 23 April 2013.

    Kejadian khusus yang dimaksudkan Suaedi berkaitan dengan rendahnya minat calon legislator perempuan. Hal ini terjadi di Maluku dan Jawa Tengah. Akhirnya untuk melengkapi kekurangan jumlah caleg perempuan, Demokrat memperkenankan anak atau istri tokoh partai untuk maju.

    Di Jawa Tengah kata Suaedi, partai akhirnya mempersilakan salah seorang pengurus Demokrat untuk menempatkan putrinya dalam satu daerah pemilihan. Sedang di Maluku, partai menunjuk istri Suaedi untuk maju. "Saya dan istri akhirnya maju dari dapil yang sama."

    Sebelumnya kata Suaedi, istrinya memang sudah berencana untuk maju sebagai calon legislator. Dia akan maju dari daerah pemilihan Sumatera Selatan. Namun, demi memenuhi kuota perempuan di Maluku, akhirnya mereka maju di dapil sama.

    Soal keluarga yang maju sebagai caleg, Ketua Umum Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono kata Suaedi sudah berulangkali mengingatkan agar tak ada keluarga yang maju dari satu daerah pemilihan. Karena itu bila ada saudara kandung, suami istri, atau orang tua dan anak yang ingin maju menjadi caleg, diminta maju dari dapil berbeda.

    KLIK DI SINI
    Dinasti Banten Rame-rame Jadi Caleg DPR dan DPD

    Serang - Anak-anak kepala daerah di Banten beramai-ramai mencalonkan diri menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat di tingkat provinsi dan pusat. Ada anak Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, anak Bupati Lebak Mulyadi Jayabaya, dan anak Walikota Tangerang Wahidin Halim.

    Anak Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah yang mencalonkan diri menjadi anggota DPR adalah Andika Hazrumy. Dia maju dari Partai Golkar. Andika saat ini adalah anggota Dewan Perwakilan Daerah.

    Dia tak sendiri. Saudara perempuannya, Andiara Aprillia Hikmat mendaftarkan diri sebagai anggota DPD perwakilan Banten. Kalau terpilih, dia akan mengganti posisi kakaknya di Senayan.

    Menantu Ratu Atut, Ade Rossi Chaerunnisa atau istri Andika Hazrumy, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Serang, juga kembali berlaga. Kali ini dia kembali mencalonkan diri menjadi anggota DPRD Banten dari Partai Golkar.

    Suami Ratu Atut Chosiyah, Hikmat Tomet, yang saat ini menjadi anggota DPR dari partai Golkar juga belum akan pensiun. Hikmat kembali mencalonkan diri sebagai anggota DPR.

    Anak perempuan Ratu Atut, Andiara, mengaku optimistis bakal dapat dukungan rakyat. Gadis 26 tahun ini mengaku terjun ke dunia politik ini setelah dapat dukungan penuh dari keluarga. Sebagai syarat dukungan, Andiara sudah mendapatkan 34 ribu tandatangan dan KTP dari masyarakat.

    "Pencalonan saya didasari niat dan keinginan tulus untuk mengabdi pada masyarakat Banten," kata Andiara usai mendaftarkan diri sebagai anggota DPD ke KPU Banten, Senin, 22 April 2013.

    Dominasi keluarga Atut sudah dikenal luas di Banten. Kejayaannya hanya terpatahkan di Kabupaten Tangerang, ketika kerabatnya kalah dalam Pilkada di sana. Bupati Tangerang yang baru adalah Ahmed Zaki Iskandar, putra bupati sebelumnya Ismet Iskandar.

    Selain keluarga Atut, Bupati Lebak Mulyadi Jaya Baya juga tengah membangun dinasti. Anaknya, M. Hasbi Assidiqi, mencalonkan diri sebagai anggota DPR dari Partai PDIP. Sedangkan kakanya Iti Oktaviani yang saat ini menjabat sebagai anggota DPR dari partai Demokrat, memilih untuk mencalonkan diri sebagai Bupati Lebak, yang pemilihannya akan digelar pada 2013 ini. Jika menang, dia akan menggantikan ayahnya di sana.

    Walikota Tangerang Wahidin Halim tak ketinggalan. Anak Wahidin Halim, Fadlin Akbar, mencalonkan diri menjadi caleg dari Partai Demokrat. Wahidin sendiri mendaftarkan diri sebagai anggota DPD asal Banten.

    KLIK DI SINI
    Jakarta - Dua saudara terpidana kasus korupsi Nazaruddin, ternyata masih terpakai di Partai Demokrat. Ketika masih berjaya, Nazaruddin memang pernah menjabat Bendahara Partai Demokrat, orang yang berkuasa atas brankas dan pundi-pundi partai itu.

    Kini setelah Nazar terpuruk dan dibui, dua saudaranya ternyata belum kena getahnya. Keduanya: Muhammad Nasir dan Ayyub Khan; lolos menjadi caleg Partai Demokrat. Nasir menjadi caleg dari daerah pemilihan Riau sedang Ayyub akan menjadi caleg dari daerah pemilihan Jawa Timur.

    "Kami memilih caleg berdasarkan hasil seleksi," kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Demokrat Agus Hermanto saat dihubungi, Senin, 22 April 2013. Dia menjelaskan Nasir dan Ayyub tak terkait dengan korupsi Nazar. "Tidak adil seseorang yang tidak bersalah dalam kasus hukum harus disangkutpautkan dengan saudara yang terlibat kasus," kata Agus.

    Dia menjelaskan, proses seleksi di Partai Demokrat menggunakan sejumlah paramater. Menurut Agus, saudara-saudara Nazar**** sudah memenuhi kriteria untuk menjadi calon legislator. Apalagi, mereka tidak terbukti bersalah dalam kasus hukum hingga saat ini. Agus menjelaskan, tidak bisa menghalangi hak seseorang untuk berpolitik. "Mereka memenuhi syarat sebagai caleg," kata Agus.

    Nasir saat ini sudah menjadi anggota DPR. Nasir pernah diperiksa oleh Komisi Pemberantasan Korupsi dalam kasus pengadaan PLTS di Direktorat Pembinaan Pengembangan Masyarakat Kawasan Transmigrasi, Kementerian Transmigrasi.

    KLIK DI SINI

  2. #2
    Anang nyaleg???????? gileee,, ni orang nekat banget. udah bagus jdi penyanyi aja. ane suka bingung deh gan, kenapa banyak bnget artis yang nyaleg. bukannya underestimate yah, cuma ya aneh aja sampe segambreng itu nyalonin jadi anggota dewan.


  3. #3
    ini kenapa anang ashanty nyalon jadi caleg sih, terus gisel sama gading martin puyeng nih... kadang main asal ambil aja nih asal catut padahal tidak berkompeten

  4. #4

+ Reply to Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
© 2007 - 2011 okezone.com, All Rights Reserved