JAKARTA - Sebagai anak, sesekali tentu kita ingin memberikan hadiah kepada orangtua kita. Entah itu di hari ulang tahun mereka, hari raya, hari jadi perkawinan, atau hari-hari spesial lainnya seperti Hari Ibu.

Tetapi masalahnya, kantong mahasiswa serba pas-pasan. Apalagi jika kita enggak punya penghasilan dan tabungan sendiri. Orangtua kita tentu akan memahami kondisi keuangan kita ini, tapi ini tidak berarti kita melewatkan hari-hari spesial itu tanpa hadiah untuk mereka.

Kita masih bisa kok memberikan hadiah-hadiah bermakna tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam. College Cures, Sabtu (22/12/2012) punya tipsnya.

Buat buku kolase foto (scrapbook)
Cara ini bisa menekan bujet cukup efektif. Kumpulkan foto-foto kegiatan yang kita ikuti di kampus, perjalanan ke berbagai daerah, atau sekadar kongkow dengan teman-teman. Kemudian susun foto-foto itu di dalam scrapbook dengan dihiasi berbagai ornamen. Kita bisa juga memasukkan tiket konser yang kita tonton atau lembar hasil ujian bernilai A yang kita dapatkan. Scrapbook ini bisa menceritakan hidup kita selama kurun waktu tertentu dan akan menjadikan orangtua kita bagian dari cerita tersebut.

Konvert video keluarga
Coba cek, apakah orangtua kita memiliki koleksi video keluarga dengan format VHS. Jika ya, kita bisa mengovenrsi koleksi video tersebut ke dalam format digital dan menyimpannya di DVD. Tidak hanya praktis, cara ini juga menunjukkan bahwa kita peduli untuk meluangkan waktu melakukannya.

Bantuan di rumah
Kedengarannya biasa ya, tetapi hal ini akan sangat dihargai orangtua kita. Ide ini juga menarik, terlebih jika kita memiliki banyak waktu luang sepanjang musim liburan. Cari tahu, bantuan seperti apa yang sedang dibutuhkan orangtua kita, kemudian tawarkan diri untuk membantu mereka. Siapa tahu, mereka memang sedang punya rencana untuk membereskan gudang tetapi belum memiliki waktu untuk melakukannya.

Bakat
Apakah kita berbakat menulis lagu, puisi, atau cerita? Gunakan apa pun bakat kita dan carilah cara mengubahnya menjadi hadiah untuk kedua orangtua kita. Jika kita bisa melukis, buatlah lukisan untuk mengisi spot dinding kosong di ruang keluarga. Kita bisa juga membuat lagu untuk mereka. Atau jika kita tipe olahragawan dan mengetahui bahwa orangtua kita ingin menurunkan berat badan, kita bisa merancang pola latihan dan menjadi mentor mereka. Jadilah kreatif dengan berbagai bakat yang kita miliki.


Ingat saja, ketika memberikan hadiah, ide dan usaha adalah yang paling dihitung. Membeli hadiah mahal tidak otomatis memperlihatkan bahwa kita peduli pada seseorang. Bahkan, sebenarnya, kedua orangtua kita ingin agar kita menabung sehingga kita bisa membiayai semua kebutuhan kita sendiri.

KLIK DI SINI