Dua pegawai Balai Taman Nasional Komodo (BTNK), Labuan Bajo, NTT, menjadi korban keganasan hewan purba Komodo. Petugas tersebut bahkan harus dirawat di rumah sakit.

Dua orang pegawai BTNK yang menjadi korban yakni Ma段n (52) dan Usman Li (36). Mereka digigit binatang purba Komodo saat bertugas di Loh Buaya, Taman Nasional Komodo, Pulau Rinca, Kecamatan Komodo, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.

Akibatnya dua pria tersebut harus dievakuasi dengan sebuah speed boat ke Labuan Bajo untuk mendapatkan perawatan intensif di Puskesmas Labuan Bajo.

Menurut Usman, kejadian bermula saat Ma段n sedang makan siang di ruang front office pada Selasa, 5 Februari. Tiba-tiba dia mendengar Ma段n menjerit kesakitan karena digigit Komodo. Seketika Usman berusaha menolong rekan kerjanya itu agar lepas dari gigitan Komodo.

Tak disangka, Komodo malah balik menyerang Usman dengan gerakan cepat sehingga tak dapat menghindar. Beruntung keduanya dapat menyelamatkan diri, namun menderita banyak luka gigitan binatang purba yang bernama latin Varanus komodoensis itu.

Sementara itu dokter Puskesmas Labuan Bajo, Margareth, mengatakan, kedua korban mengalami luka parah dan menerima banyak jahitan di masing-masing kaki kiri. Petugas kemudian membawa para pekerja itu ke Bali karena menderita luka serius.

Kejadian nahas yang menimpa Ma段n tersebut, merupakan kali kedua setelah sebelumnya pada 2009. Dia juga digigit Komodo saat sedang bertugas.

SUMBER