Sebuah bursa karier atau job fair bertujuan untuk membantu para fresh graduate mencari tahu di mana dia akan bekerja setelah lulus. Biasanya ketika job fair berlangsung, ada walk in interview dengan pihak HRD di sebuah perusahaan.

Bertemu dengan calon bos dan membuat jejaring profesional untuk mendapatkan pekerjaan impian merupakan langkah penting dalam kehidupan karier tiap orang. Jadi, bagaimana memastikan bahwa kita melakukan persiapan dengan benar sebelum ke job fair?

Berikut, tips-tips yang bisa Anda terapkan sebelum mendatangi bursa kerja, seperti dilansir laman Her Campus, Rabu (13/11/2013).

Apa yang harus dipakai?

Apakah Anda memiliki pakaian yang tepat untuk ke job fair? Asisten Staf Magang dan Karier Kantor Penempatan di Penn State College of Communications Stephanie Girouard menawarkan masukannya tentang apa yang harus dikenakan. "Perempuan harus memakai atasan kemeja, rok atau gaun celana dan blazer," ujar Stephanie.

Dia melanjutkan, rok tidak boleh mencapai pertengahan paha ketika duduk. "Jadi, pastikan bahwa rok Anda setidaknya selutut. Anda juga harus memastikan bahwa pakaian yang Anda kenakan dibuat dari bahan yang profesional, tidak melar dan tampak kasual. Selain itu, kenakan sepatu yang nyaman untuk berjalan," imbuhnya.

Apa yang harus dilakukan?

Hal pertama adalah mencari tahu perusahaan mana yang akan menghadiri bursa kerja. Informasi ini biasanya diberitahukan sebelum penyelenggaraan job fair.

Asisten Dekan Magang dan Penempatan Karir di Penn State College of Communications Bob Martin mengatakan, proses persiapan harus disiapkan dari jauh-jauh hari. "Seorang job seeker harus mengetahui perusahaan yang sedang diincarnya. Tetapi, yang paling penting adalah mengetahui bagaimana keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman Anda sesuai dengan apa yang perusahaan cari dengan posisi tertentu yang mereka miliki," tutur Bob.

Setelah menjelajahi perusahaan dan posisi lowong yang mereka sediakan di suatu job fair, buat daftar prioritas berisi nama perusahaan apa saja yang Anda inginkan. Lalu, siapkan presentasi tentang diri dan keterampilan Anda untuk disampaikan ke pihak perusahaan di pameran.

"Anda harus menampilkan diri secara profesional, cara yang positif dan menunjukkan kepada mereka bahwa Andalah kandidat yang luar biasa," ujar Bob.

Apa yang harus dibawa?

Tentu saja Anda harus membawa salinan Curriculum Vitae (CV). Saat ini banyak bursa kerja menggunakan sistem online sehingga job seeker tidak perlu membawa banyak berkas lamaran untuk dibagikan ke booth tiap perusahaan yang mereka datangi. Cukup upload file CV dari flashdisk ke database bursa kerja yang Anda datangi, maka data Anda pun sampai ke semua perusahaan peserta pameran. Meski demikian, tidak ada salahnya membawa salinan CV dalam bentuk hard copy, untuk berjaga-jaga.

Selain itu, pihak perusahaan biasanya ingin melihat pengalaman kerja atau magang. Jika Anda memiliki pengalaman sebelumnya, bawalah portfolio. Jika Anda adalah seorang mahasiswa penyiaran, bawalah DVD atau laptop untuk menunjukkan pengalaman Anda kepada mereka.



SUMBER