Image

okezone.com

Back to Okezone
14 April 2016 08:37 WIB #1
1156 1 Bookmark
Join Date: 11 November 2015
Post: 10

Proses Pembuatan Boneka

Kamu suka boneka? Di daerah Cileungsi Bogor Jawa Barat terdapat pabrik boneka yang membuat berbagai macam boneka dengan kualitas standar internasional. Tau nggak kalian kalau boneka-boneka buatan Indonesia itu ternyata nggak cuma laku dijual di dalam negeri saja, tapi sampai ke seluruh dunia.

Di pabrik boneka ini boneka dibuat dalam beberapa tahapan, yang pertama adalah tahap memotong kain yang menjadi bahan boneka. Karena jenis kainnya bermacam-macam untuk memotong kain ini diperlukan beberapa cara. Ada hand cutting atau pemotongan dengan cara manual untuk jenis kain biasa.

Ada press cutting atau pemotongan kain menggunakan pisau khusus yang ditekan dengan mesin press untuk jenis kain yang tipis. Khusus untuk kain berbulu panjang dipotong dengan teknik fire cutting atau teknik cap bakar, yaitu proses pemotongan kain dengan menggunakan asbes sebagai elemen panas. Bentuknya konsepnya hampir mirip dengan setrikaan tapi dengan tingkat panas yang lebih tinggi. Sehingga begitu diletakkan di atas kain, panas asbes ini langsung mampu memotong bulu-bulu kain panjang.

Kemudian ada teknik laser yang merupakan teknik pemotongan yang paling canggih karena menggunakan komputer dan sinar laser untuk memotong kain. Jadi ketika kain dimasukkan ke dalam mesin, sinar-sinar laser akan langsung memotong kain sesuai dengan bentuk pola yang sudah diprogram sebelumnya melalui komputer. Dengan teknik laser ini hasilnya akan lebih cepat dan lebih rapi dibandingkan dengan teknik pemotongan lainnya.

Content Image

Tahap kedua pembuatana boneka adalah menjahitnya menggunakan mesin jahit portable. Satu persatu pola-pola kain dijahit sesuai bagiannya masing-masing hingga membentuk rangka boneka. Mulai kepala, badan hingga ekor boneka. 

Tahap yang ketiga adalah tahap pemasangan mata dan hidung boneka yang dipasang menggunakan mesin bertekanan hidrolik supaya mata dan hidung boneka tidak mudah copot. Dan tahap pembuatan boneka sudah hampir jadi.

Sekarang masuk ke tahap staffing atau pengisian. Rangka boneka yang sudah jadi kemudian diisi dengan kapas sintetis atau kapas buatan. Sebelum dimasukkan ke dalam boneka serat-serat kapas sintetis diuraikan terlebih dahulu supaya kapas benar-benar mengembang sempurna. Kemudian kapas yang sudah mengembang dimasukkan ke dalam mesin pengisian. Dengan menggunakan mesin seperti ini proses pengisian kapas sintetis ke dalam boneka akan lebih gampang dibandingkan dengan cara manual.

Dan yang terakhir adalah tahap finishing. Lubang untuk memasukkan kapas tadi kemudian dijahit kembali dengan rapi. Kemudian dipasang aksesories atau hiasan boneka agar terlihat lebih cantik. Untuk boneka-boneka tertentu ada lagi proses spray, yaitu memberikan detail semprotan cat. Boneka-boneka yang sudah jadi dikemas dan dimasukkan ke dalam kotak dan siap dijual.

Ada beraneka ragam bentuk dan warna boneka, ukurannya pun juga bermacam-macam, mulai dari yang besar sampai yang kecil. Terbukti kalau produk buatan lokal atau dalam negeri sudah berkualitas tinggi dan berstandar internasional.
Share :
16 April 201612:40 WIB #2
Join Date: 7 April 2016
Post: 1
Betul sekali mengenai tehnik tehnik diatas, kamipun sebagai penjual boneka terbantu dengan adanya mesin mesin modern. dan boneka yang dihasilkan dari tehnik diatas menjadi sangat rapih. contohnya saja boneka teddy bear, menjadilaris dipasaran :)