Image

okezone.com

Back to Okezone
5 September 2016 08:16 WIB #1
188 1 Bookmark
Join Date: 21 June 2016
Post: 10

Tips Memilih Biji Kopi Yang Baik

Bagi para pecinta kopi yang hampir setiap hari selalu mengkonsumsi kopi. Kebanyakan dari mereka lebih memilih untuk membeli kopi yang masih berbentuk biji. Hal tersebut dilakukan tentu saja karena ada banyak sekali berbagai macam faktornya. Salah satunya karena kopi yang masih berbentuk biji tersebut masih tetap terjaga akan kualitasnya, dan juga aromanya masih kuat dan awet. Sehingga tak heran kalau kini banyak para pecinta kopi yang lebih memilih untuk membeli kopi yang masih berbentuk biji saja ketimbang kopi yang sudah digiling ataupun sudah berbentuk bubuk. Lantas bagaimanakah memilih biji kopi yang masih berkualitas dan juga memiliki citarasa yang tinggi. Tak usah bingung, berikut ini kami akan memberikan anda beberapa dari cara ataupun tips memilih biji kopi yang baik, diantaranya yaitu :

1.      Perhatikan tanggal sangrainya

Untuk Tips memilih biji kopi yang baik pertama adalah dengan memperhatikan tanggal sangrai pada kopi tersebut. pastikan terlebih dahulu kalau biji kopi yang nantinya akan anda beli sudah mencantumkan tanggal sangrainya. Sebaiknya anda memilih biji kopi yang masih fresh, dan tanggal sangrainya belum lama. Karena biji kopi yang masih fresh tentu saja lebih memiliki aroma yang kuat dan juga lebih terasa nikmat saat dikonsumsi.

2.      Ciumlah aroma dari biji kopi tersebut

Selanjutnya anda pun bisa mencium aroma dari biji kopi tersebut. karena aroma dari biji kopi juga menentukan kulitas dan mutu yang dimiliki oleh biji kopi tersebut.  jika aroma dari biji kopi yang anda akan beli tersebut terasa tebal, maka kualitas dari biji kopi tersebut masih sangat baik dan bagus sekali. jangan membeli  biji kopi yang aromanya sudha tak tercium lagi. Hal tersebut menandakan kalau kualitas dari biji kopi sudah menurun.

3.      Beli samplenya

Tips memilih biji kopi yang baik yang selanjutnya adalah dengan membeli sample dari biji kopi yang akan anda beli. Terutama adalah untuk biji kopi yang belum pernah anda coba. Karena anda belum mengetahui citarasa dari biji kopi tersebut. sehingga anda pun sebaiknya membeli dalam  jumlah sedikit terlebih dahulu. Kalau anda sudah merasa cocok dengan biji kopi yang sudah anda coba tersebut, baru anda bisa membelinya dalam jumlah yang banyak.

4.      Mencoba biji kopi yang lainnya

Untuk bisa mendapatkan biji kopi yang berkualitas. Tentu saja anda pun jangan takut untuk mencoba biji kopi yang lain. Agar pengetahuan anda tentang kopi pun semakin bertambah dan banyak. Jadi anda juga tentunya akan semakin mudah pula untuk menentukan biji kopi yang berkualitas. Oleh karena itu, jangan takut untuk mencoba berbagai macam jensi kopi yang lainnya. terutama yang belum pernah untuk anda coba.

5.      Seduh tanpa gula

Anda pun bisa mencoba untuk menyeduh biji kopi yang anda beli tersebut tanpa gula. Karena kualitas dari biji kopi ini biasanya akan semakin mudah terlihat jika anda mencoba untuk menyeduhnya tanpa gula. Tentu saja anda pun harus menyeduhnya dengan benar dan sesuai dengan cara menyeduh kopi yang baik.

Beberapa dari Tips memilih biji kopi yang baik ini, tentu saja bisa anda jadikan sebagai referensi. Terutama adalah bagi anda para pecinta kopi, yang tak bisa lepas tanpa mengkonsumsi kopi setiap harinya. Anda bisa menjadi referensi beberapa tips yang sudah kami berikan ini. supaya anda bisa mendapatkan biji kopi yang berkualitas.

Sumber : http://kopihijau.digarut.com/

Share :