Image

okezone.com

Back to Okezone
14 September 2016 10:13 WIB #1
657 2 Bookmark
Join Date: 28 May 2015
Post: 84

Kitabisa.com

Kitabisa.com merupakan website untuk berdonasi dan menggalang dana secara online untuk berbagai kebutuhan, mulai dari program yayasan/NGO, inisiatif komunitas, gagasan mahasiswa, bantuan bencana alam, hingga patungan untuk pribadi yang membutuhkan. Di luar negri website kitabisa.com seperti ini umumnya disebut sebagai crowdfunding.

Kitabisa.com sudah live sejak Juli 2013, menjadi yayasan resmi pada 2014, dan pada 2015 tim Kitabisa.com baru benar-benar aktif full time dengan juga mendirikan PT Kitabisa.

Awal terbentunya, sejak founder Kitabisa.com – Alfatih Timur – merupakan aktivis yang aktif di berbagai pergerakan sejak mahasiswa. Setelah lulus, Timmy (sapaan akrab Alfatih) menjadi asisten Prof. Rhenald Kasali dan bertemu berbagai tokoh penggerak sosial. Dari sana, dia tahu bahwa penggalangan dana adalah salah satu masalah utama di berbagai pergerakan dan inisiatif sosial.

Di saat yang sama, website crowdfunding (penggalangan dana online) sedang marak di luar negeri dan Timmy melihat ini sebagai solusi yang juga bisa diterapkan di Indonesia. Timmy ingin menggabungkan pergerakan sosial dengan kekuatan teknologi digital, terbentuklah ide untuk menghubungkan orang-orang baik dalam satu platform: Kitabisa.com.

Kitabisa.com ingin mengangkat value gotong royong melalui platform online. Kitabisa.com percaya bahwa Indonesia bisa melakukan apapun dengan gotong royong. Selaras dengan ucapan Bung Hatta puluhan tahun lalu tentang sifat masyarakat Indonesia yang guyub, komunal, kolektif dan gemar gotong royong.

Pengguna dari Kitabisa.com dari sisi supply adalah individu/komunitas/organisasi yang ingin menggalang donasi. Baik untuk bantuan individu (bantuan medis, santunan, hadiah umrah, beasiswa,dll), program sosial komunitas hingga project mahasiswa. Mereka memasukkan proposal penggalangan dananya via kitabisa. Setelah masuk, mereka mendapatkan link campaign yang selanjutnya mereka sebarkan ke teman-teman. Kitabisa menjadi alat untuk menggalang dana secara online.

Dari sisi demand adalah donatur. Mereka bisa jadi teman dari para penggalang dana yang mendapatkan informasi melalui social media, atau bisa jadi juga orang umum yang ingin bersedekah/berdonasi langsung ke kampanye-kampanye yang mereka sukai. Kitabisa menjadi alat untuk memudahkan siapapun berdonasi untuk berbagai jenis kategori,

Nah bos untuk kepo lebih lanjut tentang komunitas ini, bisa langsung ke websitenya di kitabisa.com


Share :