Image

okezone.com

Back to Okezone
28 November 2016 09:45 WIB #1
460 2 Bookmark
Join Date: 11 December 2015
Post: 142

Awas, Bahaya Asam Urat Tinggi Jika Tidak Segera Diobati !!!

Awas, Bahaya Asam Urat Tinggi Jika Tidak Segera Diobati !!!

Hasil gambar untuk uric acid complications

Siapa yang tidak kenal dengan penyakit asam urat ? Semua orang mungkin pernah mendengar tentang penyakit ini, penyakit yang kebanyakan diderita oleh orang tua ini merupakan penyakit umum yang ditandai dengan gejala khas yaitu sendi yang tiba-tiba terasa sangat sakit.

Tidak hanya sendi jempol kaki saja, sendi-sendi lain yang terletak di ujung anggota badan juga rentan terkena serangan penyakit asam urat. Contohnya adalah sendi pergelangan kaki, telapak kaki tengah, lutut, pergelangan tangan, jari-jari tangan, dan siku.

Yang harus diperhatikan ialah bahwa penyakit asam urat adalah salah satu penyakit yang tergolong ke dalam penyakit serius walaupun tidak seserius seperti penyakit jantung atau stroke. Namun tentunya Anda juga harus mewaspadai penyakit asam urat ini.

Di bawah ini beberapa bahaya atau komplikasi negatif penyakit asam urat tinggi yang harus Anda ketahui, diantaranya :

Encok

Dari semua efek samping yang dapat timbul akibat dari terlalu banyak asam urat adalah penyakit encok. Ketika asam urat berlebih tidak dikeluarkan oleh ginjal, membentuk kristal yang berakhir pada sendi kaki dan tangan, terutama sendi jempol kaki yang menyebabkan rasa sakit luar biasa, peradangan dan pembengkakan.

Metabolik Asidosis

Jika kelebihan asam urat hadir dan tidak dapat dikeluarkan dengan baik ini dikenal dengan kondisi asidosis metabolik. Asidosis metabolik dapat menyebabkan napas cepat disertai dengan kebingungan dan kelesuan, dan menyebabkan shock dan kematian.

Batu ginjal

Terlalu banyak asam urat dalam urin dapat menyebabkan batu ginjal urat, yang terbentuk ketika asam urat mengkristal di ginjal. Batu kondisi merupakan penyakit yang sangat menyakitkan dan dapat menyebabkan beberapa gejala khas seperti nyeri yang parah pada sisi tubuh atau punggung, di bawah pinggul, nyeri yang menyebar ke bagian bawah tubuh dan pangkal paha dan nyeri pada saat buang air kecil.

Nah setelah mengetahui bahaya dari penyakit asam urat, ada baiknya Anda segera lakukan pengobatan. Untuk mengatasi kadar asam urat tinggi, Anda dapat memanfaatkan daun salam sebagai obat asam urat tradisional.

Baca juga :

Khasiat daun salam untuk obat asam urat herbal

Share :