Image

okezone.com

Back to Okezone
7 December 2016 12:50 WIB #1
123 1 Bookmark
Join Date: 6 December 2016
Post: 3

MENGUPAS INFORMASI BUAH MERAH


Mengutip info dari web Wikipedia, buah merah ternyata adalah salah satu buah tradisional yang hanya ditemukan di dataran Irian Jaya atau Papua.

Buah merah Papua ini adalah salah satu buah yang dikategorikan ke dalam keluarga pandan-pandanan (famili: Pandanaceae) serta memiliki nama latin Pandanus conoideus.

Buah yang akrab oleh orang-orang Papua dengan istilah kuansu tersebut memiliki ukuran pohon dan buah yang sangat besar. Pohon buah merah tadi dapat mencapai tinggi kurang lebih 16 meter rata-rata. Ditambah juga dengan akar-akar tunjang yang sangat kuat di bawah pohon buah merah Papua ini.

Untuk buahnya sendiri, buah ini memiliki diameter kira-kira 10-15 cm dengan bobot sekitar 2 (dua) sampai 3 (tiga) kilogram. Lalu panjang buah merah Papua bisa mencapai kira-kira 50 hingga 55 centimeter.

Buah merah Papua sendiri diambil namanya dikarenakan warna kulit dari buah merah ketika sudah menjadi matang. Buah merah matang memiliki warna merah atau marun. Tetapi, ada juga satu dua jenisnya yang memiliki warna coklat atau coklat kekuningan.

Buah merah oleh warga Papua acapkali diminum sebagai obat maupun menjadi bahan makanan yang selalu disajikan ketika sedang diadakan pesta adat Papua .

Beberapa khasiat buah merah untuk kesehatan adalah sebagai obat asam urat, obat HIV, obat osteoporosis, obat stroke atau tekanan darah tinggi, juga dapat digunakan untuk mengobati dan mencegah sakit mata dan untuk memperbesar vitalitas dan kesuburan perempuan.

KANDUNGAN BUAH MERAH


Salah satu hal yang dapat mengakibatkan buah merah bisa jadi terkenal dan sering dibicarakan di masyarakat tidak lain adalah salah satu penelitian yang dikerjakan oleh salah satu peneliti dan dosen di Universitas Cendrawasih (UNCEN) yaitu Drs. I Made Budi, M.Sc. yang meneliti dan menemukan berbagai macam khasiat dan manfaat dari buah merah Papua ini.

Penelitian yang dilakukan Dr. Made ini bermula dari rasa ingin tahu serta pengamatan Dr. Made sendiri yang melihat orang-orang Papua, terutama warga Wamena, Timika, dan wilayah pedesaan di kawasan gunung Jayawijaya yang memiliki stamina tinggi juga postur tubuh yang kekar.

Dan ternyata, orang-orang tersebut memang memakan buah ini setiap harinya. Hal tersebutlah yang membuat Pak Made tertarik untuk melakukan penelitian untuk membuktikan apakah ada hubungan konsumsi buah merah ini dengan peningkatan stamina dan juga postur tubuh yang besar plus bugar.

Dan ternyata, memang benar buah merah Papua memiliki kandungan antioksidan yang bagus untuk kesehatan manusia. Antioksidan tersebut adalah karoten (sebesar 12.000 ppm), tokoferol (sebesar 11.000), serta betakaroten (sebesar 700 ppm).

Selain itu, pada buah ini juga ditemukan zat lainnya seperti Omega 3, Omega 9, asam linoleat, asam oleat, serta dekanoat yang bermanfaat untuk menaikkan daya tahan serta menangkal zat radikal bebas yang ada di dalam tubuh.

MANFAAT-MANFAAT BUAH MERAH PAPUA

Lalu, apa saja manfaat buah merah ini untuk kesehatan tubuh manusia? Berikut ini daftar 3 khasiat buah merah yang berguna untuk kesehatan tubuh kita.

1. DIGUNAKAN untuk OBAT KANKER dan juga TUMOR

Buah merah pun dapat dimanfaatkan menjadi obat untuk mengobati penyakit kanker dan tumor ringan. Hal itu dikarenakan kandungan tokoferol serta betakaroten yang tinggi di dalam buah merah bisa bermanfaat sebagai antioksidan dalam tubuh.

Tokoferol dan betakaroten ini yang nantinya dapat menaikkan sistem kekebalan tubuh kita sehingga nantinya dapat mencegah juga menghambat penyebaran sel-sel kanker.

Tapi, selain meminum buah merah diperlukan hal-hal lain seperti kemoterapi maupun operasi bagi para pasien yang sudah terkena kanker dan tumor ini dalam tahap lanjut.



2. DIGUNAKAN SEBAGAI OBAT HIV AIDS

Ternyata, buah merah juga sering dijadikan oleh orang-orang sebagai obat penyakit HIV AIDS. Dan hal tersebut sudah terbukti dari banyaknya orang-orang yang mencari buah merah Papua, terutama sari/minyak buah merah Papua ini yang sudah terbukti mampu mengurangi rasa sakit yang diakibatkan oleh virus HIV.

Meski demikian, selain dari mengonsumsi sari buah ini para orang dengan HIV AIDS tetap diharuskan untuk meminum ARV (Anti Retro Viral) agar sistem kekebalan tubuhnya bisa semakin terjaga juga.

3. DIGUNAKAN SEBAGAI OBAT ASAM URAT

Khasiat yang terakhir dari buah merah Papua ini yaitu untuk mengobati penyakit asam urat. Jadi, penyakit asam urat bisa ada karena terdapat gangguan-gangguan pada fungsi kerja liver yang menyebabkan produksi asam urat secara berlebihan.

Karena adanya asam urat yang terlalu banyak (berlebih) membuat asam urat ini menumpuk/mengumpul dan mengendap di bagian persendian tubuh. Hal tersebut yang membuat bagian sendi-sendi bagi orang yang memiliiki asam urat akan terasa sakit.

Lalu dengan memakan sari buah merah, kandungan tokoferol dapat membantu untuk membuat darah jadi lebih encer dan juga memperbaiki fungsi serta kerja dari hati. Sehingga produksi asam urat akan menjadi normal seperti sedia kala.



Semoga artikel ini dapat bermanfaat serta kita senantiasa dianugerahkan kesehatan hingga berpuluh-puluh tahun nanti. :D
Share :