Image

okezone.com

Back to Okezone
28 December 2016 11:38 WIB #1
146 1 Bookmark
Join Date: 15 October 2016
Post: 2

Jenis Penyakit Ginjal Ini Mungkin Sedang Di Derita Oleh Anda

Jenis Penyakit Ginjal Ini Mungkin Sedang Di Derita Oleh Anda

Ginjal merupakan organ yang sangat penting untuk membantu menjaga kondisi kesehatan tubuh kita, Tanpa ginjal, mungkin kesehatan tubuh kita tidak akan segar bugar ataupun sehat, karena ginjal merupakan organ yang sangat penting dan berperan luar biasa di dalam tubuh kita. Organ ginjal mampu membantu menyaring darah, membentuk urine, menjaga keseimbangan air dalam tubuh, mempertahankan keseimbangan kadar asam basa, mengatur kalium di dalam darah, mengekskresikan zat-zat yang merugikan bagi tubuh, memproses ulang zat, mengatur volume cairan dalam darah, mengatur keseimbangan kandungan kimia di dalam darah, mengendalikan kadar gula dalam darah, menjaga pH darah dan penghasil zat dan hormon.

Content Image

Namun, fungsi ginjal tidak selamanya sehat, karena banyak faktor yang dapat menurunkan fungsi ginjal salah satunya pola hidup kita yang tidak sehat. Oleh karena itulah fungsi ginjal menurun dan hal itu dapat memancing beberapa penyakit pada ginjal.

Lalu, penyakit apa saja yang dapat menyerang pada ginjal?

Sebenarnya banyak penyakit pada ginjal yang dapat menyerang Anda, tanpa Anda merasa akan adanya penyakit ginjal tersebut. Karena, jarang sekali penyakit pada ginjal menimbulkan gejala ataupun tanda kecuali penyakit tersebut sudah parah ataupun sudah mulai berkembang.

Ini dia beberapa penyakit pada ginjal yang wajib Anda ketahui ,,,,

1. BATU GINJAL

Batu ginjal merupakan salah satu gangguan dan juga penyakit pada ginjal. Batu ginjal terbuat dari kristal, batu ginjal dapat berkembang di mana saja di sepanjang saluran kemih Anda. Saluran kemih yang termasuk ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. Batu ginjal dapat mengacu deposit padat yang terjadi pada sistem kemih. Membentuk dalam ginjal, dari zat yang ditemukan dalam air seni. Batu mungkin tetap di ginjal atau bergerak melalui saluran kemih. Jika batu itu kecil mungkin keluar dari tubuh tanpa menyebabkan banyak rasa sakit.

2. HEMATURIA

Hematuria merupakan kehadiran sel-sel darah merah dalam urin. Jika ada cukup sel darah merah, urin bisa menjadi berwarna merah, merah muda atau coklat. Seringkali, urin muncul sepenuhnya normal karena tidak ada cukup darah untuk menyebabkan perubahan warna atau yang sering disebut sebagai hematuria.

3. GAGAL GINJAL

Gagal ginjal akut dapat terjadi ketika ginjal tiba-tiba kehilangan kemampuan untuk menghilangkan kelebihan garam, cairan, dan bahan limbah dari darah. Eliminasi ini adalah inti dari fungsi utama ginjal. Cairan tubuh bisa naik ke tingkat berbahaya ketika ginjal kehilangan kemampuan filtering mereka. Kondisi ini juga akan menyebabkan elektrolit dan bahan limbah menumpuk dalam tubuh Anda yang juga dapat mengancam jiwa.

4. INFEKSI SALURAN KEMIH (ISK)

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah infeksi di bagian manapun dari sistem kemih Anda. Entah itu di bagian ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra. Kebanyakan infeksi melibatkan saluran kemih bawah, kandung kemih dan uretra. Perempuan beresiko lebih besar terkena ISK dibandingkan pria.

5. UREMIA

Uremia adalah sindrom klinis yang terkait dengan ketidakseimbangan cairan, elektrolit, dan hormon dan kelainan metabolik, yang berkembang secara paralel dengan penurunan fungsi ginjal. Uremia secara harfiah berarti urin dalam darah, untuk menggambarkan kondisi klinis yang terkait dengan gagal ginjal.

6. GLOMERULONEFRITIS


Glomerulonefritis merupakan sekelompok penyakit yang melukai bagian dari ginjal yang menyaring darah (disebut glomeruli). Istilah lain dari penyakit ini yang mungkin Anda dengar adalah nefritis dan sindrom nefrotik.

SUMBER : 6 Macam Penyakit Ginjal
 
Itulah beberapa penyakit yang dapat menyerang pada ginjal Anda.. Semoga bermanfaat :-)

Share :