Image

okezone.com

Back to Okezone
12 February 2017 17:33 WIB #1
291 5 Bookmark
Join Date: 17 September 2016
Post: 19

Ini Merupakan Salah Satu Tempat Nongkrong Yang Asik Di Bandung

BANDUNG berasal dari kata bandungan, yang artinya bendungan atau tempat berkumpulnya air, seperti halnya sebuah mangkuk yang sangat besar. Untuk dapat membuktikan bahwa Bandung adalah sebuah mangkuk raksasa, maka kita harus melihatnya langsung di puncaknya Bandung, Punclut.

Punclut, oleh penduduk sekitar menjadi sebuah nama pendek dari puncaknya Ciumbuleuit bagian paling Utara. Menyusuri jalan raya Punclut, maka kita seakan-akan berada pada pinggiran mangkuk raksasa. Dari sini kita dapat melihat pemandangan Bandung kota dengan leluasa.

Punclut kini sudah menjadi salah satu lokasi wisata unik yang selalu dipenuhi wisatawan lokal ataupun dari luar kota terutama setiap Sabtu malam dan Minggu pagi. Saat Sabtu malam, banyak pengunjung yang datang untuk nongkrong di saung lesehan yang banyak terdapat di sepanjang jalan, menikmati makan malam dengan menu makanan Sunda sederhana sambil menyaksikan kerlap-kerlip hamparan lampu Kota Bandung dari atas Punclut.

Minggu pagi, lokasi ini akan berubah menjadi pasar kaget yang menjual beragam jenis barang, mirip seperti pasar kaget di Lapangan Gasibu pada hari Minggu . Sehingga saat Minggu pagi, jalan yang hanya memiliki lebar tiga hingga empat meter itu pun selalu macet. Yang berbeda, disini udara terasa sangat segar, masih alami khas udara pegunungan. Sehingga jalan Punclut akan menjadi area jogging track yang panjang.

Sementara di hari lainnya, jalan punclut kembali menjadi normal bahkan cenderung sepi dari aktifitas wisata.

Untuk mencapai Punclut, ada dua akses jalan yang dapat ditempuh, yakni dari arah Lembang Kabupaten Bandung Barat atau dari Jalan Ciumbuleuit Kota Bandung. Memilih untuk melalui Jalan Ciumbuleuit jauh lebih mudah dilakukan. Jaraknya juga tidak terlalu jauh dari Jalan Cihampelas, sekitar 4 kilometer ke arah Utara , anda sudah memasuki wilayah Punclut. Untuk menuju lokasi wisata, anda dapat mengambil jalan menurun tepat didepan Rumah Sakit TNI AU dr Salamun.

Untuk melintasi Jalan Punclut, anda juga harus ekstra hati-hati karena jalannya agak sempit dan banyak turunan atau tanjakan yang curam. Kemiringannya bahkan dapat mencapai 45 derajat di beberapa ruas jalannya.

Di sepanjang jalan menuju ke puncak tertinggi kawasan obyek wisata keluarga ini para pengunjung akan melihat panorama alam Bandung utara yang cukup indah. Memandang ke arah Selatan, akan melihat deretan pegunungan Malabar, Patuha, dan Waringin. Gunung itu menjadi semacam benteng pelindung Bandung.

Melihat kearah berlawanan, jika cuaca sedang cerah dan tidak berkabut tebal, anda dapat melihat dengan jelas landmark Kota Bandung, seperti Jembatan Layang Paspati, Masjid Raya Jabar, serta gedung-gedung tinggi seperti hotel dan apartemen.

Unuk paket jalan-jalan/traveling ketempat kuliner di bandung ini juga merupakan jasa rental yang profesional di bandung.

Di Punclut, ada beberapa titik yang strategis untuk melihat pemandangan tersebut. Antara lain di tanjakan terakhir yang paling tinggi, sekitar tower RRI dan jika ada lapangan luas. Di titik-titik itu kini banyak berdiri warung lesehan. Warung lesehan yang ada di seberang kiri dan kanan jalan selalu siap menerima tamu yang hendak beristirahat untuk makan nasi merah. Menu yang sangat sederhana , namun menggugah selera setelah cukup berkeringat usai berolahraga.

Content ImageContent ImageContent ImageContent Image

Namun jika anda ingin memiliki privasi tersendiri dalam menikmati Punclut, banyak ditemui resort atau vila-vila kecil yang dapat disewa. Cukup mudah menemukannya karena banyak petunjuk arahnya.

Misalnya, anda dapat menyewa tempat di Taguba Resort. Disini view landmark Kota Bandung nampak jelas terlihat. Suasana yang dihadirkan pun cukup menarik, dengan kamar atau vila yang dibangun dari papan kayu. Menurut pengelola setempat, mereka tidak membatasi jumlah orang yang akan menghuni vila tersebut. Cukup menyewa satu, dapat digunakan beramai-ramai.

Selain dapat melihat hamparan Kota Bandung, dari atas Punclut juga dapat dilihat bentangan alam Cimahi. Untuk melihat bentangan kota Cimahi yang ada dibagian Barat hingga Bandung bagian Timur anda dapat mencoba memilih Dragon View. Disebut demikian karena memang ada patung naga berukuran besar yang menandai tempat tersebut. Lokasinya sekitar 100 meter sebelum puncak tertinggi di Punclut.

Memilih menyewa vila memang akan lebih baik. Anda dapat datang Sabtu malam untuk menikmati puncak Bandung di malam hari , lalu esok hari anda dapat berolahraga jalan santai atau jogging. Sebab jika datang Minggu pagi, kendaraan akan sulit melintas karena adanya pasar kaget.
 
Untuk Alamat Lokasi
Jalan Bukit Raya Atas No. 477, Cidadap, Bandung, Ciumbuleuit, Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat 40142 
Info Lebih Lanjut untuk Taguba Resort/tabuga city view : 0813 2184 9209 
Share :
13 February 201710:56 WIB #2
Join Date: 21 December 2016
Post: 31
Kalo ane lagi pengen jalan-jalan ke Thailand
18 April 201705:53 WIB #3
Join Date: 3 April 2017
Post: 42