Image

okezone.com

Back to Okezone
13 February 2017 10:25 WIB #1
56 1 Bookmark
Join Date: 5 October 2016
Post: 66

Ini Makanan yang Bisa Bikin Umur Panjang

Content Image

Universitas Harvard melakukan penelitian yang menyimpulkan fakta bahwa mengkonsumsi gandum utuh bermanfaat untuk mengurangi resiko gagal jantung. Bukan rahasia memang jika gandum termasuk dalam kategori makanan yang menyehatkan dan mengandung banyak serat.

Namun lebih dari itu, gandum ternyata memiliki manfaat lebih dari yang kita ketahui sebelumnya. Melalui sebuah riset pola makan dan gaya hidup yang melibatkan lebih 100 ribu orang selama 14 tahun, dari 1984 hingga 2010, lebih dari 26 ribu orang meningga dunia.

Terbukti orang yang rutin mengkonsumsi gandum utuh, jagung dan quinoa terlindungi dari berbagai penyakit terutama komplikasi jantung.

Gandum utuh biasanya dikonsumsi oleh para atlet, karena mengandung serat yang tinggi serta memberi energi yang cukup dalam jangka waktu yang lama.

Penurut peneliti, mengkonsumsi 28 gra gandum utuh sama dengan satu mangkuk kecil bubur nasi dan mengurangi resiko gagal jantung hingga sembilan persen.

Kandungan gandum utuh sendiri memiliki 25 persen protein lebih tinggi daripada gandum halus yang terdapat pada tepung terigu, pasta dan nasi putih.

Manfaat lain dari mengkonsumsi gandum utuh adalah bisa meningkatkan massa jenis tulang, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan resiko diabetes.

Gandum utuh juga memiliki serat bernama beta glucan yang berkhasiat untuk menurunkan kolesterol. Selain itu terdapat pula avenantramida yang merupakan biokaktif dengan fungsi menghentikan produksi lemak di pembuluh arteri sehingga mencegah serangan jantung dan stroke.

Bagi kamu yang sedang diet, gandum utuh bisa jadi rekomendasi pilihan terbaik untuk dikonsumsi karena didalamnya mengandung banyak nutrisi yang diperlukan tubuh seperti, seng, tembaga, magnesium, zat besi, dan tiamin. Nutrisi tersebut diyakini bisa meningkatkan kadar antioksidan dalam darah untuk menangkal radikal bebas.

Yang paling mengejutkan adalah sebuah riset yang menyatakan bahwa mengkonsumsi gandum utuh setiap hari akan membuat orang berumur panjang.

Meski memiliki banyak manfaat, namun gandum juga ternyata menjadi pantangan bagi orang yang alergi gluten karena akan mengganggu sistem pencernaan.

Mengkonsumsi gandum secara rutin ternyata berdampak besar pada kehidupan. Kamu akan memiliki gaya hidup sehat dan terhindar dari resiko penyakit kardiovaskular. 

Yuk cobain! Cek sumbernya di sini! 


Share :