Image

okezone.com

Back to Okezone
16 February 2017 13:59 WIB #1
53 1 Bookmark
Join Date: 20 July 2016
Post: 248

Kisah Siswa Jujur Tabrak Mobil Mewah, Bikin Haru

Ilustrasi foto (shutterstock)

Arah - Seorang siswa berusia 17 tahun di sebuah sekolah di provinsi Henan, Cina tidak menyangka akan mendapat uang Rp 18 juta rupiah.

Peristiwa itu menimpa Chen Yifan. Ia menabrak sebuah mobil mewah pada di kota Xinmi ketika dalam perjalanan mengirim makanan. Nahas, mobil mewah itu tergores sepanjang 20 sentimeter serta kaca spion mobil patah.

Karena terburu-buru, Chen meninggalkan satu catatan bersama semua uangnya sejumlah Rp 500 ribu sebagai penggantian dan tanda permintaan maaf.

Ironisnya, semua uang itu berupa uang logam dari hasil pekerjaannya.

Keesokan harinya, pemilik mobil, Xue Zhanmin, marah mendapati mobilnya sudah tergores. Ia kemudian melapor ke polisi setempat.

Namun keadaan tak terduga ketika Xue Zhanmin membaca surat dari pelajar itu.

"Saya meminta maaf dan merasa sedih karena menabrak mobil Anda. Saya seorang mahasiswa dan sekarang sedang kerja sambilan. Saya tahu penggantian kerusakan ini tidak cukup, tetapi uang ini hanya tanda permintaan maaf saja. Maaf.”

[baca_juga]

Junjung Politik Jujur Anies Kecurangan akan Terungkap

Pendaki Koboi Indonesia: Jujur, Polos, dan Apa Adanya

Surat itu kemudian diunggah ke media sosial dan menjadi viral dan akhirnya Zhanmin menemukan siswa bersangkutan.

"Duit itu semuanya koin. Saya menyimpulkan siswa ini dari keluarga yang miskin. Ia mungkin membutuhkan uang yang banyak," kata Zhanmin.

Zhanmin akhirnya bertemu dengan Chen. Ia menyatakan Chen berasal dari keluarga yang kurang mampu dan melakukan kerja sambilan dengan mengirim barang untuk mencari uang. Dia menerima upah sebesar Rp 130 ribu setiap hari.

Lebih dari itu, Ibu Chen, Chu merasa bangga setelah mengetahui apa yang diperbuat oleh anaknya itu.

"Anak saya adalah anak yang baik dan tindakannya adalah benar. Kami akan membayar biaya perbaikan kendaraan itu." kata Chu.

Namun, Zhanmin menolak uang dari Chu itu sebaliknya menawarkan Rp 18 juta pada Chen untuk meneruskan pendidikan.

Ingin informasi lebih, follow  dan Like 

Share :