Image

okezone.com

Back to Okezone
28 February 2017 13:42 WIB #1
138 1 Bookmark
Join Date: 7 December 2016
Post: 33

Cara Hadapi Ranjau Lubang Jalanan

Musim hujan seperti saat ini identik dengan jalan rusak dan berlubang. walaupun sudah berusaha untuk menghindar, namun ada kalanya kamu tidak dapat menghindari lubang. Ketika melawati lubang dengan kecepatan tinggi, selain rasanya sangat tidak nyaman juga bisa merugikan loh. Hal tersebut dapat membuat velg motor kamu penyok, membuat ban bocor atau menggelumbung. Bahkan tidak sedikit rider yang terpental karena menghantam lubang loh.

WhatsApp Image 2017-02-27 at 10.19.48 AMNamun sebenarnya ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar aman saat harus melewati jalan yang rusak dan berlubang. Berikut ini tips dari tim Corsa agar terhindar dari efek buruk melewati lubang:

  1. Selalu waspada agar kamu dapat menghindari lubang tepat waktu. Saat akan menghindar pastikan di belakang kamu tidak ada kendaraan. Selain itu gunakan lampu sein agar pengendara lain tahu kamu akan menghindar ke arah mana.
  2. Saat tidak bisa menghindar, kamu dapat melakukan teknik ini. Pertama, lakukan pengereman sebelum menyentuh bibir lubang. Saat shock breaker depan turun karena menghantam lubang, lepas rem kemudian segera tarik gas kembali. Hal ini dilakukan agar gaya kejut dapat diserap maksimal oleh shock breaker. Saat melewati lubang angkat sedikit pantat kamu dari jok, agar tidak terpental dari motor. Teknik ini memerlukan latihan untuk dapat menguasainya. Namun jika dilakukan dengan benar dapat mencegah kecelakaan yang dapat timbul akibat melewati lubang.
  3. Jangan pernah mencoba-coba untuk melewati lubang yang tergenang air. Karena kamu tidak mengetahui seberapa dalam lubang tersebut. Jika lubang cukup dalam, beresiko motor kamu akan tersangkut dan jatuh.

c1pgrv851i_20161206DSC_0345Itulah beberapa tips yang dapat kamu lakukan ketika berhadapan dengan jalanan yang rusak dan berlubang. Intinya kamu harus tetap waspada dan fokus pada kondisi jalanan. Karena cara terbaik adalah dengan menghindari lubang. Namun jika terpaksa kamu dapat melakukan teknik seperti yang telah dijelaskan di atas. Keep safe and happy riding bro!

Share :