Image

okezone.com

Back to Okezone
  • Ngobrol
  • Lounge
  • Hanya Ada Empat Warna Passport di Dunia dan Berikut Alasannya Mengapa
20 March 2017 12:41 WIB #1
334 4 Bookmark
Join Date: 20 February 2017
Post: 31

Hanya Ada Empat Warna Passport di Dunia dan Berikut Alasannya Mengapa

Hanya ada empat warna passport passport di dunia ini, dan masing-masing negara memiliki alasannya sendiri dalam memilih warna emapat warna ini untuk pembungkus passport mereka.

Merah


Ini adalah warna yang paling banyak dijumpai menutupi sejumlah passport. Passport dengan warna merah sebagai penutupnya biasa dipilih oleh negara-negara yang memiliki sejarah atau sistem komunis. Rakyat Slovenia, China, Serbia, Rusia, Latvia, Romania, Polandia, dan Georgia memiliki passport berwarna merah.Anggota Uni Eropa, kecuali Kroasia, juga menggunakan sampul dengan warna burgundy dan nuansa merah lainnya. Sementara itu negara-negara yang tertarik bergabung bersama Uni Eropa seperti Turki, Makadonia, dan Albania, mengganti warna passport mereka menjadi merah beberapa tahun lalu. Dan negara-negara yang tergabung dalam Komunitas Andean, Bolivia, Colombia, Ekuador, dan Peru, juga memilih burgundy untuk warna passport mereka.

Biru


Ini adalah warna paling lazim lainnya. Warna biru merupakan simbol dari 'Dunia Baru'. 15 negara Karibia memilih warna biru untuk sampul passport mereka. Dalam blok negara-negara Amerika Selatan sampul passport berwarna biru melambangkan hubungan dengan Mercosur, serikat buruh. Ini meliput Brazil, Argentina, dan Paraguai. Venezuela merupakan pengecualian di sini dimana rakyatnya menggunakan passport berwarna merah. Passport rakyat Ameriak Serikat diganti menjadi biru hanya pada tahun 1976.

Hijau


Kebanyakan negara Muslim memilih warna hijau untuk sampul passport mereka. Contohnya Moroko, Saudi Arabia, dan Pakistan. Hijau dianggap sebagai warna favorit Nabi Muhammad, dan juga merupakan simbol dari alam dan kehidupan. Beberapa negara di Afrika Barat, contohnya Burkina Faso, Nigeria, Pantai Gading, dan Senegal, juga menggunakan beberapa nuansa warna hijau untuk surat perjalanan mereka. Dalam kasus mereka, warna tersebut mengindikasikan jika mereka tergabung dalam ECOWAS (the Economic Community of West African States).

Hitam


Hitam bisa dibilang merupakan warna passport paling jarang. Passport dengan warna hitam dapat dijumpai di antara beberapa negara Afrika seperti Botswana, Zambia, Burundi, Gabon, Angola, Chad, Kongo, Malawi, dan lainnya. rakyat New Zealand juga menggunakan warna hitam untuk sampul passport mereka karena hitam merupakan warna dari negara mereka.



Share :
20 March 201713:10 WIB #2
Join Date: 22 September 2015
Post: 256
SLANK - ORKES SAKIT HATI (LIVE AKUSTIK)


21 March 201712:46 WIB #3
Join Date: 15 March 2017
Post: 36
oh seperti itttuuu ya