Image

okezone.com

Back to Okezone
20 March 2017 13:44 WIB #1
60 0 Bookmark
Join Date: 10 February 2017
Post: 20

TIPS AGAR BISNIS CATERING ANDA BANJIR ORDER

Pesta pernikahan memiliki beberapa aspek pendukung yang membuat acara menjadi meriah dan berkesan. Salah satunya adalah catering. Meski tema besarnya “resepsi” yang erat kaitannya dengan ucapan selamat dan bersyukur, tetap saja urusan lidah (taste) dan perut pengunjung menjadi pertimbangan utama calon pengantin saat persiapan pesta, sekaligus faktor penilaian ratusan undangan yang menyantap hidangan di wedding party.

Untuk itu, catering service harus terus menjaga kualitas produknya agar terus bisa tampil manis dan lezat di setiap pesta pernikahan. Bagi anda yang menggeluti bisnis catering khususnya wedding catering, berikut ini ada beberapa tips atau cara agar usaha anda tak pernah sepi order :

  1. Lakukan identifikasi produk dan riset pasar.

Ini untuk mengetahui jenis makanan dan minuman apa yang banyak diminati orang. Lakukan identifikasi dan riset terhadap segmen yang menjadi target market Anda. Mengingat pada usaha bisnis catering pernikahan sering muncul tren jenis makanan baru, berusahalah meredam ego anda untuk mengikuti tren tersebut. Sediakan makanan tren hanya sebagai pelengkap, untuk membuat dagangan catering pernikahan Anda semakin komplit. Tapi jangan jadikan jenis makanan tren sebagai menu utama. Ketika waktu tren telah lewat, permintaan terhadap jenis makanan ini tentu akan berkurang dan berpotensi menimbulkan kerugian.

  1. Miliki menu andalan.

Mintalah pendapat keluarga, saudara, ataupun teman-teman mengenai cita rasa produk masakan Anda. Jangan lupa simpan rahasia dapur dan masakan Anda sebaik mungkin, karena kita tidak tahu seberapa loyal karyawan kita. Ditengah persaingan banyaknya usaha catering untuk wedding, kita harus menjaga positioning bisnis yang kita bangun.

  1. Promo di segala media.

Meski word of mouth masih begitu efektifnya di jagad bisnis catering pernikahan, namun bukan berarti anda melupakan promo di media, mulai dari flyer, tabloid dan majalah wedding, website dan blog yang membahas pernikahan, sampai yang terbaru dan mulai ngetren, aplikasi wedding yang bisa langsung diakses dari ponsel atau gadget klien anda…

  1. Jaga baik-baik Chef anda.

Jika anda harus meng-hire chef yang masakannya memang telah terbukti disukai oleh banyak orang, jaga dan perlakukan chef anda sebaik mungkin. Mengingat bisnis catering ini sangat unik dan berbeda dengan bisnis resto, karena terdapat unsur home industry-nya, maka jalinlah suasana keakraban dan kekeluargaan dengan seluruh karyawan, terutama chef anda.

  1. Kooperatif dan bisa menjadi Konsultan yang baik.

Disamping mengedepankan kelezatan makanan, anda juga harus selalu bekerjasama dengan klien dalam hal penentuan jenis menu dan porsi makanan-minuman yang akan dihidangkan. Jadikan tiap klien eksklusif dan memiliki cita rasa yang tinggi. Harga yang kompetitif juga dapat menjadi pertimbangan dengan added value yang dimiliki catering anda.

  1. Pelayanan yang baik : ramah, cekatan dan responsive juga termasuk dalam paket yang harus anda miliki jika ingin menjadi catering wedding yang juara. Disini termasuk menjaga kebersihan meja, gubug/food stall yang ada di venue.

Mungkin ini baru beberapa hal yang bisa membuat bisnis catering wedding anda dilirik banyak calon pengantin, (Dari berbagai sumber)


For Detail Check :

Kunjungi halaman berikut untuk selengkapnya :
http://www.mantenan.co.id

Share :