Image

okezone.com

Back to Okezone
20 March 2017 14:48 WIB #1
129 0 Bookmark
Join Date: 29 December 2016
Post: 23

Sekarang Bukan Saatnya Untuk Boros, Mulailah Hidup Hemat


Mungkin sebagian orang berpikir untu menjalani hidup hemat merupakan suatu hal yang cukup sulit untuk dijalankan apalagi jika baru akan memulainya. Sidamping berbagai pengeluaran untuk kebutuhan pokok, terkadang keinginan untuk membelanjakan uang diluat anggaran karena tergiur berbagai iklan dan promo dari kartu kredit, dapat membuat rencana untuk berhemat menjadi gagal. Berbagai godaan yang muncul membuat anggaran jajan menjadi membengkak, akhirnya bukannya berhemat malah terjebak didalam gaya hidup yang konsumerisme. Jangankan untuk menabung, menghemat biaya sehari-hari saja masih sering “kecolongan”.

Lalu hal apa yang harus dilakukan agar bisa hidup hemat bukan konsumeris ?Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Kamu lakukan untuk dapat berhemat. 

#1. Merubah Pola Pikir

Kunci utama keberhasilan menjalani hidup hemat yang menyenangkan terletak pada pola pikir. Jika ditarik ke zaman dahulu, sebenarnya kebutuhan manusia sangat sederhana. Hanya saja perkembangan zaman membuat kebutuhan Kamu  seolah-olah terus bertambah. Misalnya saja sebelum maraknya mobil dan motor mungkin orangtua kita terbiasa menempuh jarak 10 kilometer dengan menggunakan sepeda. Tetapi saat untuk menempuh jarak 500 meter saja Kamu mungkin akan menggunakan kendaraan pribadi atau paling tidak kendaraan umum.

Memang kita tidak bisa menyamakan kondisi saat ini dengan kondisi jaman dulu, tetapi kuncinya terletak pada pola pikir. Mungkin akan cukup ekstrem jika Kamu harus mengendarai sepeda ke kantor sejauh 10 kilometer dengan kondisi kota yang macet, polusi serta tingkat kriminalitas yang tinggi. Tetapi bayangkan jika Kamu dapat tetap mempertahankan pola pikir yang sederhana seperti itu. Tentu berhemat tidak akan menjadi masalah. Tanpa disadari perkembangan jaman dan teknologi lama-kelamaan membuat hal yang tadinya tidak dibutuhkan seolah-olah menjadi kebutuhan.

 

#2. Perencanaan Anggaran Belanja

Banya orang yang malas untuk menganggarkan anggaran bulanan mereka sehingga membawa mereka kepada suatu bencana yang mereka ciptakan sendiri. Jika Kamu memilki keinginan untuk menyimpan uang, hal ini tentu saja berkaitan erat dengan perencanaan anggaran belanja bulanan. Dengan mengetahui secara jelas mengenai apa yang Kamu inginkan dan yang kamu butuhkan, sehingga Kamu akan mampu menghentikan keinginan diri untuk jajan diluar anggaran belanja, kecuali membelanjakan barang kebutuhan/keperluan.

Catatlah seluruh anggaran yang akan Kamu belanjakan untuk kebutuhan pokok. Kebutuhan ini adalah segala kebutuhan yang memang harus ada untuk kelangsungan hidup  Tentu saja, Kamu perlu untuk dapat membedakan manakah kebutuhan dan manakah keinginan. Walaupun terkadang sulit menahan godaan namun cobalah berpikir bahwa apa yang kamu lakukan ini adalah untuk masa depa.

 

#3. Alokasikan Uang untuk Tabungan

Pada umumnya orang-orang yang konsumerisme cenderung hanya memiliki sisa uang sedikit saat akhir bulan. Sebetulnya yang Kamu perlukan adalah menyimpan/menabung saat setelah menerima gaji/pendapatan setiap bulannya. Walaupun Kamu hanya dapat menyimpan beberapa puluh ribu rupiah saja, tapi apabila Kamu terus melakukannya, maka uang yang Kamu kumpulkan semakin lama akan semakin berlipat kali ganda.

Dengan menabung uang setiap bulannya, Kamu akan terhindar dari “bencana” keuangan. Namun ada hal yang Kamu perlu pikirkan yaitu dana darurat juga disamping tabungan. Hal ini dimaksudkan untuk dana sewaktu-waktu yang bersifat darurat dan harus dikeluarkan. Ingat, gunakan dana darurat hanya untuk masa-masa genting.

 

#4. Simpan Uang Kembalian

Pasti Kamu suka mendapatkan uang kembalian yang nilai uangnya dinilai kecil apalagi recehan berupa koin? Tips berikutnya adalah agar Kamu dapat hidup berhemat cobalah untuk menyimpan uang kembalian setiap setelah transaksi yang menghasilkan uang recehan. Simpan uang tersebut dalam sebuah toples. Pada suatu saat, Kamu akan melihat setoples penuh uang recehan yang apabila dengan tekun dikumpulkan setiap hari maka akan menjadi berlipat ganda, dari yang awalnya hanya Rp 200, Rp 500, atau Rp 1000 menjadi Rp 200 ribu bahkan lebih.

 

#5. Bawa Bekal ke Kantor

Gaya hidup hemat juga erat kaitannya dengan tidak sembarangan jajan. Kalo Kamu cenderung orang yang suka “lapar mata” ketika melihat makanan, cukup sulit rasanya untuk mengekang diri dan mengendalikan keinginan untuk membeli makanan atau cemilan. Oleh sebab itu, mungkin Kamu perlu membawa bekal sendiri ke kantor dan juga cemilan dari rumah sehingga dapat menolong Kamu agar tidak sembarangan jajan di luar rumah. Selain makanan yang disiapkan dari rumah terjamin kesehatannya, masak di rumah dan mempersiapkan makanan untuk seluruh anggota keluarga dapat menjadi satu alternatif jitu untuk dapat menghemat. Dengan begitu Kamu dapat memaksimalkan anggaran belanja bahan makanan sehari-hari untuk dapat menghemat uang.

 

Jadi Mulailah Berhemat

Mungkin Kamu akan memnemukan fase awal yang sulit untuk mengubah kebiasaan Kamu menjadi lebih hemat, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba berhemat yang sebenarnya itu baik bagi kehidupan Kamu. Mulailah mencoba sekarang juga, jangan nantinya kamu menyesal karena kesalahan kamu hari ini.

 

Sumber :

·          Finansialku.com - https://goo.gl/NpZ06C

Share :