Image

okezone.com

Back to Okezone
20 March 2017 19:30 WIB #1
56 0 Bookmark
Join Date: 28 October 2015
Post: 113

Membangun Karakter Anak Melalui Cerita Tentang Keluarga

Peran keluarga dalam kehidupan anak memang sangat penting. Mulai dari tempat pertama seorang anak mengenal dunia hingga membentuk suatu karakter dari si anak tersebut. Dalam membimbing seorang anak tidaklah mudah. Salah didikan bisa menjadikan anak memiliki karakter yang berbeda dan cenderung buruk.  Sehingga penting adanya memberikan didikan yang benar. Ada banyak cara untuk membantuk karakter anak, salah satunya melalui cerita tentang keluarga. Karakter anak dapat dibentuk sejak Ia masih kecil. Dengan rentang umur 5 tahun, mengajarkan anak melalui sebuah cerita merupakan cara yang sangat efektif untuk membentuk suatu pribadi yang berani, percaya diri dan terbuka pada public.

Kekuatan dari sebuah kata-kata yang ada pada cerita dapat mempengaruhi psikologi sehingga dapat membangun sebuah karakter yang menempel pada anak. Pendidikan karakter melalui cerita juga dapat mempengaruhi sisi akademis si anak. Pemberian cerita tentang keluarga yang disampaikan dalam bentuk dongeng maupun cerita motivasi yang disesuaikan dengan umurnya akan menambah kosakata dan pengetahuan anak. Tak hanya mendengarkan saja, Anda sebagai orang tua juga bisa memberikannya dengan cara membaca. Mengajarkan anak untuk membaca sebuah cerita bisa merangsang perkembangan anak mulai dari berbicara, hingga kemampuan membaca anak. Selain itu, memberikan cerita dapat berdampak positif pada anak. Perkembangan otak anak yang sangat pesat pada usia dini dengan diberikan cerita dapat berdampak positif dan membentuk karakter menjadi orang yang penurut, rajin, berani, bahkan menjadi anak yang aktiv dengan keingintahuan yang tinggi.

Content Image

Memiliki anak yang berkepribadian cenderung positif sangat baik. Karena  anak akan tumbuh dengan pemikiran yang kritis. Kritis dalam memilih sesuatu hingga kritis dalam menghadapi hidup. Sehingga sangat penting adanya menanamkan karakter melalui cerita-cerita mengenai keluarga yang dikemas dalam bentuk berbeda. Mengemasnya dalam bentuk dongeng dapat menjadi pilihan pertama Anda dalam memberikan pendidikan karakter. Sehingga sebagai orang tua yang memiliki andil cukup besar dalam perkembangan anak harus pintar-pintar memilih cerita tentang keluarga pada anak. Membacakan cerita keluarga Sariwangi bisa menjadi salah satu cerita yang tepat untuk menambah pengetahuan anak mengenal dunia.
Share :