Image

okezone.com

Back to Okezone
  • Ngobrol
  • Berita
  • PT. Agro Bukit Kelak Berperan Besar Produksi CPO Nasional
12 April 2017 13:16 WIB #1
241 0 Bookmark
Join Date: 31 October 2015
Post: 46

PT. Agro Bukit Kelak Berperan Besar Produksi CPO Nasional

Perusahaan perkebunan kelapa sawit di Kalimantan Tengah, PT. Agro Bukit Berperan Besar Produksi CPO Nasional

Dalam kurun 15 tahun belakangan, tercatat masih belum ada industri yang mampu menyumbangkan devisa dari sektor perkebunan sebesar yang dihasilkan perkebunan kelapa sawit. Ini tentu adalah satu hasil yang membangakan, dan berdampak langsung pada kemajuan negara. Total pada 2016 silam, 33 juta metrik ton CPO (Crude Palm Oil) telah dihasilkan industri perkelapa sawitan Indonesia yang mana angka ini jauh diatas Malaysia. Kita ketahui bersama bahwa dalam jangka waktu cukup lama, Malaysia telah menjadi raja industri CPO dan kelapa sawit Internasional.

Hasil ini menjadi satu perkembangan yang cukup signifikan, dimana tentu banyak pihak yang secara langsung terlibat dalam pusaran industri CPO nasional. Selain tentunya pemerintah pusat dan daerah sebagai sarana regulator, perusahaan-perusahaan serta investor yang secara langsung melibatkan modalnya  dalam industri kelapa sawit dalam negeri juga turut andil untuk menyumbang kemajuan industri CPO dalam negeri. Salah satu PT Agro Bukit diharapkan kelak memberi kontribusi yang berarti.

Kemauan Untuk Konservasi  Serta Keberterimaan Pasar CPO Internasional

Segala jenis industri tentu sangat bergantung pada sustainbility pemasaran produknya. Termasuk juga industri CPO, dimana konsumsi CPO terbesar dunia terserap pada dua negara besar di dunia. Diantaranya adalah Tiongkok (Republik Rakyat Tiongkok) dan Amerika Serikat. Tetapi untuk bisa diterima oleh kedua negara konsumen terbesar CPO ini ada banyak regulasi yang harus dijalankan oleh produsen CPO.

Salah satu regulasi yang paling utama bila produk CPO dari sebuah produsen ingin diterima oleh negara-negara konsumen CPO terbesar adalah adanya syarat pemeliharaan serta penyelenggaraan perkebunan kelapa sawit yang ramah lingkungan. Dalam kondisi ini, tentu saja bila tidak memperhatikan syarat lingkungan dan lolos sertifikasi tertentu, CPO yang dihasiltkan belum dapat diterima oleh dua negara terbesar konsumen CPO dunia tersebut. Regulasi yang sama juga berlaku bagi negara-negara eropa, dimana negara-negara ini juga merupakan konsumen besar CPO mentah.
 
Dengan demikian penyelenggaran perkebunan sawit yang berorientasi pada lingkungan hidup jadi satu hal yang utama untuk bisa diwujudkan. Dan PT Agro Bukit sebagai salah satu perusahaan kelapa sawit besar di Indonesia telah menyiapkan sebuah metode penyelenggaraan perkebunan sawit yang ramah lingkungan. Berikut ini adalah beberapa pointnya;

•    Penyelenggaraan 0 Tolerance To Fire
Kebaran hutan di lahan sawit jadi pemandangan yang sering ditemui beberapa waktu belakangan. Untuk itu, PT Agro Bukit mencanangkan 0 tolerance to fire. Dengan demikian akan dihasilkan sebuah penyelenggaraan perkebunan sawit yang ramah lingkungan dan berorientasi Go Green.

•    Konservasi Keanekaragaman Hayati dan Pengembangan Sawit Berbasis Plasma Nutfah
Untuk menyelenggarakan sebuah perkebunan sawit dengan hasil CPO yang bisa diterima di pasar internasional. PT Agro Bukit telah mencanangkan satu penyelanggaraan perkebunan sawit yang berbasis melestarikan keanekaragaman hayati. Ini dijalankan dengan konservasi beberapa bagian perkebunan yang memang ditujukan untuk menjaga keanekaragam hayati. Sementara itu, pengembangan pembibitan juga dijalankan untuk memastikan keberlangsungan penanaman tanaman sawit di masa yang akan datang.

Kemauan PT Agro Bisnis untuk terus menyelangarakan perkebunan sawit yang berbasis wawasan lingkungan inilah yang menjadikan produknya dirancang akan mampu diterima pasaran internasional. Dengan demikian, maka PT Agro Bisnis yang saat ini sudah menamam kelapa sawit secara intensif, diprediksi dapat memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan dan perkembangan Industri sawit nasional di kemudian hari. Inilah yang terus dijaga dan diwujudkan oleh PT Agro Bisnis dalam waktu-waktu ini dan akan datang.


Share :