Image

okezone.com

Back to Okezone
15 May 2017 21:00 WIB #1
44 3 Bookmark
Join Date: 22 November 2016
Post: 54

Pengertian, Fungsi, dan Bunyi Hukum Kepler I, II, III

Pengertian, Fungsi, dan Bunyi Hukum Kepler I, II, III Pernahkah Beberapa Sahabat mengira atau berasumsi kalau matahari bergerak melingkari bumi, sedangkan bumi diam? Sebab Sahabat lihat seolah-olah matahari beralih dari timur ke barat. Bila pernah, sangkaan Sahabat itu sesungguhnya salah. Yang sesungguhnya terjadi yaitu matahari senantiasa diam di tempat dan bumi yang mengelilinginya. Kenapa demikian? Momen ini bisa diterangkan serta dibuktikan dengan jelas oleh hukum Kepler. Ya, Hukum Kepler. Itulah yang bakal kita ulas pada kesempatan ini. Kita bakal membahasnya mulai dari pengertiaan Hukum Kepler, Hukum Kepler I, II, III dan rumus-rumus dari hukum-hukum Kepler itu.

Pengertian Hukum Kepler

Hukum Kepler ditemukan oleh seorang matematikawan yang juga merupakan seorang astronom Jerman yang bernama Johannes Kepler (1571-1630). Penemuannya dilandasi oleh data yang dicermati oleh Tycho Brahe (1546-1601), seorang astronom tenar dari Denmark.

Saat sebelum ditemukannya hukum ini, manusia jaman dahulu berpedoman paham geosentris, yakni suatu paham yang membetulkan kalau bumi adalah pusat alam semesta. Asumsi ini dilandasi pada pengalaman indrawi manusia yang terbatas, yang setiap hari mencermati matahari, bulan serta bintang bergerak, sedangkan bumi dirasakan diam. Asumsi ini dikembangkan oleh astronom Yunani Claudius Ptolemeus (100-170 M) serta bertahan sampai 1400 tahun. Menurut dia, bumi ada di pusat tata surya. Matahari serta planet-planet mengelilingi bumi dalam lintasan melingkar.

Lantas pada tahun 1543, seorang astronom Polandia bernama Nicolaus Copernicus (1473-1543) mencetuskan model heliosentris. Heliosentris artinya bumi bersama planet-planet yang lain melingkari matahari dalam lintasan yang melingkar. Jelas saja pendapat ini lebih baik di banding pendapat sebelumnya. Tetapi, ada yang masih kurang dari pendapat Copernicus yakni diam masih menggunakan lingkaran sebagai bentuk lintasan gerak planet.

Pada th. 1596 Kepler menerbitkan buku pertamanya di bagian astronomi dengan judul The Mysteri of the Universe. Didalam buku itu ia menuturkan kekurangan dari kedua model di atas yakni tidak ada keharmonisan antara lintasan- lintasan orbit planet dengan data pengamatan Tycho Brahe. Oleh karena itu Kepler meninggalkan model Copernicus juga Ptolemeus lantas mencari jenis baru. Pada th. 1609, barulah ditemukan bentuk orbit yang pas dengan data pengamatan Brahe, yakni bentuk elips. Lantas penemuannya itu dipublikasikan dalam bukunya yang berjudul Astronomia Nova yang juga disertai hukum keduanya. Sedangkan hukum ketiga Kepler tercatat dalam Harmonices Mundi yang dipublikasikan sepuluh th. kemudian.

Hukum I, II, dan III Kepler

Hukum I Kepler

Hukum I Kepler menerangkan mengenai bagaimana bentuk lintasan orbit planet-planet. Bunyi dari hukum ini yakni:

  • Lintasan tiap planet saat mengelilingi matahari, berupa elips, dimana matahari terdapat pada salah satu fokusnya.

Dari model di atas diperlihatkan bentuk elips dari lintasan orbit planet yang mengelilingi matahari. Di mana matahari ada disalah satu titik fokusnya yang ditandai dengan F1 serta F2. Sedangkan planet bearada pada jarak r2 dari F2 atau r1 dari F1. Bila posisi planet berubah jarak r1 dan r2 ikut berubah. Jarak a disebut dengan sumbu semimayor serta 2a disebut dengan mayor. Jarak b disebut dengan sumbu semiminor serta 2b disebut dengan minor. Jarak c dari titik pusat adalah titik fokus, di mana c2 = a2+b2.

Bentuk elips orbit ditetapkan oleh eksentrisitas (e) elips itu. Makin kecil eksentrisitasnya, bentuk elipsnya bakal makin mendekati bentuk lingkaran. Dan demikian sebaliknya, apabila eksentrisitasnya makin besar, bentuk elips bakal memanjang serta tipis. Jarak adalah perbandingan dari jarak c dengan jarak a (e = c/a). Nilai eksentrisitas elips lebih besar dari 0 serta lebih kecil dari 1.

Saat planet ada pada jarak paling jauh dari matahari, pada saat itu planet ada pada titik aphelion. Letaknya pada gambar yakni pada ujung kiri elips (bagian kiri F1). Jarak dari aphelion ke matahai bisa dihitung dengan menjumlahkan jarak a dengan c. Bila planet ada pada ujung kanan elips (bagian kanan F2) planet sedang ada pada titik perihelion. Pada saat itu planet ada pada jarak paling dekat dengan matahari. Jarak perihelion dengan matahri adalah selisih antara jarak a dengan c.

Hukum II Kepler

Hukum kedua Kepler menerangkan mengenai kecepatan orbit sebuah planet. Bunyi dari hukum keduanya yakni:

Tiap planet bergerak sedemikian hingga sebuah garis khayal yang ditarik dari matahari ke planet itu meliputi daerah dengan luas yang sama dalam waktu yang sama.

Pada gambar di atas dperlihatkan dua contoh luasan untuk menerangkan hukum II Kepler. Kedua luasan ini memiliki luas yang sama. Pada selang waktu yang sama, garis khayal yang menghubungkan planet serta matahari menyapu luasan yang mempunyai besar yang sama. Oleh karenanya, saat planet bergerak dari b ke c (titik aphelion), kecepatan orbit planet lebih kecil atau lambat. Sedangkan saat planet bergerak dari d ke e (titik perihelion) kecepatan orbit planet lebih besar atau cepat. kesimpulannya keceptan orbit maksimum planet yakni saat planet ada di titik perihelion serta kecepatan minimalnya saat ada di titik aphelion.

Hukum III Kepler

Pada hukum ini Kepler menerangkan mengenai periode revolusi tiap planet yang melilingi matahari. Hukum Kepler III berbunyi:

Kuadrat perioda sebuah planet sepadan dengan pangkat tiga jarak rata-ratanya dari Matahari.

Secara matematis Hukum Kepler bisa ditulis sebagai berikut ini:

Keterangan:

T1= Periode planet pertama

T2= Periode planet kedua

r1 = jarak planet pertama dengan matahari

r2 = jarak planet kedua dengan matahari

Persamaan ini bisa di turunkan dengan menggabungkan 2 persamaan hukum Newton, yakni hukum gravitasi Newton serta hukum II Newton untuk gerak melingkar teratur. Penurunan rumusnya yakni sebagai berikut ini:

Persamaan hukum Newton II:

 

Karena

Maka

Keterangan:

m = massa planet yang mengelilingi matahri

a = percepatan sentripetal planet

v = kecepatan rata-rata planet

r = jarak rata-rata planet dari matahari

Persamaan hukum gravitasi Newton:

Fg = Gaya gravitasi matahari

m1 = massa matahari

m2 = massa planet

r = jarak rata-rata planet serta matahari

Digabungkan kedua rumus di atas hingga jadi:

m2 pada ruas kiri serta m pada ruas kanan merupakan sama-sama massa planet hingga bisa di hilangkan.

Panjang lintasan yang dilalu planet adalah keliling lintasan orbit planet. Keliling orbit planet bisa dirumuskan dengan 2 x phi x r, di mana r yaitu jarak rata-rata planet dari matahari. Di ketahui kalau kecepatan rata-rata planet adalah perbandingan antara keliling orbit serta periode panet, hingga:

Konstanta k = T2/r3 juga yang didapat oleh Kepler ditemukan lewat cara perhitungan memakai data astronomi Tycho Brahe. Hasilnya juga sama juga dengan yang didapat memakai rumus kedua Hukum Newton di atas.

Fungsi Hukum Kepler

Fungsi hukum Kepler di kehidupan modern yakni dipakai untuk memprediksi lintasan planet-planet atau benda luar angkasa yang lain yang mengorbit Matahari seperti asteroid atau planet luar yang belum ditemukan semasa Kepler hidup. Hukum ini juga dipakai pada pengorbitan yang lain tidak hanya matahari. Seperti bulan yang mengorbit bumi. Bahkan juga saat ini dengan memakai dasar dari hukum Kepler ditemukan satu benda baru yang mengorbit bumi tidak hanya bulan. Benda ini adalah sebuah asteroid yang memiliki ukuran 490 kaki (150 meter) yang dijuluki dengan Asteroid 2014 OL339. Asteroid ada cukup dekat dengan bumi hingga tampak seperti satelitnya. Asteroid itu mempunyai orbit elips. Ia memerlukan waktu 364, 92 hari untuk mengelilingi Matahari. Nyaris sama juga dengan bumi yang mempunyai periode 365, 25 hari.

Nah, sampailah kita di akhir pembahasan kali ini, Mengenai “Hukum Kepler”. Mudah-mudahan ilmunya bisa bermanfaat untuk kita semua, ya. Dan, jika masih ada yang belum dimengerti, silakan sahabat menyampaikan pertanyaan pada kotak komentar di bawah ini. Terimakasih sudah bertandang ke softilmu, jangan lupa like, follow, dan komentarnya, ya.

Share :
16 May 201711:22 WIB #2
Join Date: 18 April 2017
Post: 77
Share cerita seru lainnya di FORKLIK dong kaka
FORKLIK | Forum Iklan Koranku

smile smile
16 May 201716:56 WIB #3
Join Date: 12 May 2017
Post: 907
Aonmovie menyajikan Streaming Film Film Box Office terbaru Subtitle Indonesia dengan kualitas terbaik yang bisa anda nikmatin dimana pun anda berada secara gratis.

Bagi anda Para Pecinta Film Box Office silahkan anda mengakses website kami di www.Aonmovie.com

Dan Untuk anda yang ingin mengetahui Sinopsis Sinopsis Film terbaru, Anda Bisa Langsung mengunjungi Blogspot kami Di www.Aonmovie21.Blogspot.com

Content Image
16 May 201717:12 WIB #4
Join Date: 12 May 2017
Post: 907
PROMO KHUSUS UNDIAN GADGET TIAP BULANNNYA BERSAMA LOTUS55

Main bersama kami dan menangkan gadget keren
Hadiah Gadget :

Pemenang Pertama :Iphone 7+ 128gb
Pemenang Kedua :Iphone 6s 128gb
Pemenang Ketiga : Samsung Galaxy J2 Prime
Syarat : 

Deposit minimal 300.000
Betting terus bersama kami
Pengundian pertama pada tanggal 1 April 2017
Pengundian pada tanggal 1 setiap bulannya
kirim email dengan data lengkap ke kami
Silahkan kirim email ke : promoundianlotus55@gmail.com

Contoh format email :
Nama : Andi Wibowo
Nomor rekening : 0894599891
Nomor hp aktif : 081234551189
Alamat : Jl. Cipinang Timur, RT 05/11 No.55 Kel.Cipinang, Kec.Pulo Gadung, Jakarta

Nb : Promo ini tidak di pungut biaya apapun Biaya pengiriman di tanggung oleh pihak LOTUS55.COM

Ayo Segera Bergabung Bersama Kami Di www.Lotus55.com

- Banyak Hadiah Menarik yang menanti anda Semua
- Nikmati Berbagai Pilihan Permainan & Promo Menarik
- Berapapun Kemenangan Member Akan Kami Bayar
- Pelayanan CS Yang Begitu Ramah
- Aman & Terpercaya Untuk Melakukan Transaksi
- Proses Depo/WD Tercepat
- BONUS 5% SETIAP DEPOSIT KHUSUS SPORTBOOK
- BONUS 10% EVERY DEPOSIT TANGKASGAME
- KOMISI CASINO 0.8% & SPORTBOOK 0.25% (GRADE A)
- DISCOUNT FULL TOGEL
- BONUS 10% MEMBER GET MEMBER
- Game Tembak Ikan
- Game Sabung Ayam


Pin BBM Kami : 2B756519 dan 2B414A9A
Contact YM : cs.lotus55
Call/SMS : +85581332859
Skype : cs.Lotus55
Twitter : Lotus55vip

Link Alternatif Lotus55.com : 

Content Image