Image

okezone.com

Back to Okezone
16 May 2017 19:32 WIB #1
89 3 Bookmark
Join Date: 22 November 2016
Post: 61

Perbedaan Ideologi terbuka dan Ideologi Tertutup

Perbedaan Ideologi terbuka dan Ideologi Tertutup Ideologi terbuka dan ideologi tertutup merupakan klasifikasi dari ideologi itu sendiri yang telah kami jabarkan di postingan sebelumnya. Jika sobat masih belum mengerti apa itu ideologi silahkan saja klik link ini. Perbedaan yang akan di kaji dalam postingan kali ini adalah mengenai ciri-ciri yang saling bertolak belakang. Langsung aja ya.

Ideologi bisa disimpulkan sebuah kumpulan konsep bersistem yang dijadikan azas, pendapat (peristiwa) yang memberikan arah tujuan untuk keberlangsungan hidup. Ideologi terbagi jadi dua, yakni ideologi Terbuka serta Ideolgi tertutup, Ketidaksamaan ideologi terbuka serta ideologi tertutup ini amat mencolok, hingga bisa dengan gampang dikategorikan.

Indonesia yaitu negara yang berasumsi pancasila sebagai ideologi terbuka serta pancasila sebagai sebuah sumber nilai. Nah, Tiap ideologi memiliki suatu hal yang bikin ideologi bisa bertahan dari waktu ke waktu, ini disebut dengan ketahanan serta dimensi ideologi, oleh karena adanya itu ideologi bisa beradaptasi dengan perubahan jaman. Ideologi juga memiliki Hakekat serta Peranan ideologi yang mempunyai beberapa macam nilai sendiri.

Ideologi Terbuka

Ideologi terbuka yaitu ideologi yang tidak dimutlakkan. Ideologi ini mempunyai ciri sebagai berikut ini:

  • Merupakan kekayaan rohani, moral serta budaya warga (falsafah). Jadi bukanlah kepercayaan ideologis sekumpulan orang tetapi kesepakatan warga.
  • Tidak di ciptakan oleh negara, namun diketemukan dalam warga itu sendiri, ia milik semua rakyat, serta dapat digali dan diketemukan dalam kehidupan mereka.
  • Isinya tidak langsung operasional, hingga tiap generasi baru bisa dan perlu menggali kembali falsafah itu serta mencari implikasinya dalam kondisi kekinian mereka.
  • Tidak pernah membatasi kebebasan serta tanggung jawab warga, tetapi memberikan inspirasi warga untuk berupaya hidup bertanggung jawab sesuai dengan falsafah itu.
  • Mengahargai pluralitas, hingga bisa di terima warga yang datang dari beragam latar belakang budaya serta agama.

Ideologi Tertutup

Ideologi tertutup yaitu ideologi yang punya sifat mutlak, ideologi ini mempunyai ciri sebagai berikut ini:

  • Bukanlah merupakan harapan yang udah hidup dalam warga, tetapi harapan satu kelompok yang dipakai sebagai dasar untuk merubah warga.
  • Jika kelompok itu sukses menguasai negara, ideologinya itu bakal dipaksakan pada warga. Nilai-nilai, beberapa etika serta berbagai sisi warga bakal dirubah sesuai dengan ideologi itu.
  • Bersifat Totaliter, artinya meliputi /mengurusi seluruh bagian kehidupan.
  • Maka itu ideologi tertutup ini cenderung cepat-cepat berupaya menguasai bagian informasi serta pendidikan sebab kedua bagian itu adalah sarana efisien untuk merubah tingkah laku warga.
  • Pluralisme pandangan serta kebudayaan ditiadakan, hak asasi tidak dihormati.
  • Menuntut warga untuk mempunyai kesetiaan total serta kesediaan untuk berkorban untuk ideologi itu.
  • Isi ideologi tidak cuma nilai-nilai serta harapan, namun juga tuntutan konkret serta operasional yang keras, mutlak dan total.

Ketidaksamaan Ideologi Terbuka serta Ideologi Tertutup

Ada atau Tidaknya Pemaksaan

  • Ideologi tertutup yaitu satu system yang tertutup serta tidak dapat diganggu gugat. Siapapun yang ada didalam lingkungan ini mesti mematuhi ideologi ini dengan baik.
  • Tidak mematuhi ideologi artinya tidak mematuhi ketentuan yang sudah di buat sampai hukuman acapkali dijatuhkan dalam bentuk apa saja.
  • Ideologi tertutup seperti ini dipraktikkan oleh Korea Utara serta Tiongkok.
  • Hal yang berbeda malah diberikan oleh ideologi terbuka.
  • Ideologi terbuka tidak pernah memaksa seseorang untuk mematuhi apa saja yang ada di dalamnya. Artinya seluruh orang bebas untuk memakai ideologi ini maupun tidak.
  • Ideologi terbuka cuma menjembatani pemikiran-pemikiran yang sesuai untuk orang-orang banyak.

Itulah kenapa ideologi ini sangat sesuai dengan kehidupan warga terlebih bila orang-orang itu beragam seperti Indonesia, yang terdiri dari banyak suku serta agama.

Pembuat Ideologi

  • Ideologi tertutup di buat oleh sebuah kelompok warga, contohnya sebuah negara.
  • Ideologi ini dipakai untuk mengatur seluruh warga supaya lebih lebih rapi serta bersistem. Sekumpulan orang membuat ideologi tertutup lantas difungsikan oleh semua orang disana.
  • Ideologi ini umumnya riskan ditunggangi kepentingan spesifik yang mungkin merugikan banyak warga. Walau demikian, ideologi ini dilihat sebagai system paling kompleks yang dapat mengatur warga banyak dengan cepat.
  • Ideologi terbuka tidak di buat oleh orang atau sekumpulan orang. Ideologi ini yaitu satu perjanjian bersama yang dikonstruksi dari nilai-nilai yang ada. Itulah kenapa ideologi terbuka tidak kaku serta dapat dirubah sesuai sama perubahan jaman serta cara berpikir manusianya.

Sifat serta Pengaruhnya

Ideologi tertutup mempunyai karakter totaliter. Artinya system yang mau menguasai semua bidang yang ada. Terlebih yang terkait langsung dengan orang-orang banyak.

Contohnya system yang ada di sekolah. Anak-anak yaitu aset untuk menanamkan sebuah ideologi lantaran mereka bakal menerima apa saja yang diberitahukan. Anak-anak juga senantiasa berasumsi apa yang dapat dikatakan oleh gurunya yaitu satu kebenaran.

Inilah kenapa ideologi bentuk ini senantiasa gampang menyebar.

Ideologi terbuka tidak bakal menguasai bidang penting. Mereka cuma memberikan pandangannya secara enjoy, tanpa punya maksud memaksa seluruh warga.

Suatu hal yang disetujui oleh warga tidak mesti dipaksakan ke penduduk lain. Lantaran pada intinya semua orang bisa memakai atau menolak ideologi terbuka sesuai dengan pandangan hidupnya.

Hak Asasi Manusia

Ideologi tertutup menginginkan segalanya jadi sama. Ketentuan ini mutlak serta tidak dapat diganggu gugat.

Pada akhirnya beberapa orang merasa sangat terpaksa memakai ideologi ini walau tidak sesuai dengan nuraninya.

Dalam ideologi tertutup hak asasi manusia tidak di perhatikan. Yang dibutuhkan oleh ideologi ini yaitu kepatuhan. Pluralisme serta padangan yang lain juga tidak diperbolehkan lantaran bakal mengganggu system besar yang sudah di buat di awal.

Ideologi terbuka amat menghormati apa yang dinamakan perbedaan. Pandangan ini dapat berbaur, bahkan juga melakukan asimilasi

Hak asasi manusia yaitu suatu hal yang penting.

Ideologi ini di buat atas perjanjian bersama, jadi bila ada hak-hak yang tidak terjembatani, pastinya akan ada pembicaraan lagi.

Terlebih pluralisme malah di anggap sebagai wawasan baru yang tidak mengganggu system yang ada.

Kesetiaan Warga

Satu poin paling perlu dari ideologi tertutup yaitu adanya kesetiaan tinggi dari warga.

System ini bikin manusia yang ada di lingkungan itu taat serta tidak dapat melakukan apa-apa. System sudah di buat, absolut, serta untuk siapa yang tidak mematuhi bakal dikenai sanksi.

Ideologi tertutup berasumsi kesetiaan manusia bakal membuat system makin kokoh serta tidak bakal bisa ditaklukkan oleh siapapun.

Ideologi terbuka tidak memerlukan kesetiaan. Ideologi ini bikin semua orang saling menghormati. Saling memikirkan bersama untuk kemajuan sebuah pandangan.

Dengan melakukan ini, sebuah pandangan tidak bakal jadi kuno. Bahkan juga makin canggih lantaran dapat menjembatani apa saja.

Isi Ideologi

Ideologi tertutup banyak sekali mengandung nilai-nilai serta harapan yang sudah di buat bersama-sama.

Umumnya harapan inilah yang menjadi tujuan sampai semua orang mesti mematuhinya apapun alasannya.

Ideologi terbuka tidak mempunyai harapan seperti ini.

Pandangannya lebih luas hingga dapat di terima siapapun.

Jikalau ada harapan, ideologi terbuka mau semua warga berjalan bersama-sama dengan harmonis tanpa mesti saling berdebat mengenai banyak hal.

Share :
16 May 201720:26 WIB #2
Join Date: 14 April 2017
Post: 184


Promo Bonus 100% Deposit New Member Sporstbook

Promo Full Rollingan 0.7% CASINO

Promo Cashback 5 - 10 % Sporstbook

Mari bergabung bersama kami di rajavip.com

Untuk Informasi Selanjutnya silahkan menghubungi CS 24 jam kami

Yahoo Messenger : cs.rajavip@yahoo.com

Blackberry Messenger : 25A9E0D4

Livechat : Tersedia di website kami di www.rajavip.com

Via Hp : wap.rajavip.com