Image

okezone.com

Back to Okezone
18 May 2017 08:52 WIB #1
243 2 Bookmark
Join Date: 31 March 2017
Post: 2

Gaya Pencak Silat dan Seni Bela Diri

Penchak Silat merupakan istilah umum yang mendefinisikan seni bela diri tertentu Semenanjung Melayu dan  kepulauan Indonesia. 

Nama "pencak silat" terdiri dari dua kata yang berarti hal yang sama, satu dalam dialek Jawa, yang lain di Indonesia. Kedua kata berarti "pertarungan". Istilah ini diberlakukan pada tahun 1948 dengan berdirinya Penchak Asosiasi Silat Indonesia, sebagai upaya untuk bersatu dan membawa mereka di bawah koordinasi semua aliran Silat. Di Indonesia.

Pencak silat dianggap sebagai nilai budaya yang besar dan diperlakukan dengan hormat. Tapi tidak hanya di sini untuk berlatih silat. Ada juga di Malaysia, sebagai bersilat di Singapura, Brunei, Filipina. 

Dalam pencak silat, ada banyak gaya dan bentuk khusus untuk berbagai suku dan daerah di mana mereka berkembang. karakter prajurit dari suku ini, yang terus memerangi satu sama lain sampai saat ini, memberikan akurasi dan efisiensi teknik pencak silat yang telah diuji secara luas dalam situasi nyata. 

Asal-usul dan sejarah pencak silat sulit untuk ditemukan karena kurangnya dokumen tertulis tentang topik ini. Seharusnya berdasarkan berbagai legenda, pencak silat dibentuk dengan mengamati dan meniru pertempuran antara hewan yang berbeda. Dengan demikian muncul gaya yang berbeda yang meniru gerakan hewan seperti  silat harimau , garuda putih - gaya elang putih dll 

Mereka mengatakan teknik pencak silat dipengaruhi oleh India pusnicii yang datang ke Indonesia dan siapa yang seharusnya menjadi fondasi karena mistis masyarakat silat filosofis. 

Gerakan hewan diambil secara bertahap dikodifikasi dan diintegrasikan ke dalam sistem yang semakin kompleks, yang mengkristal pada abad perjuangan untuk bertahan hidup. sejarah Indo-Malaysia  adalah penuh gejolak, ditandai oleh banyak pertempuran antar suku, dan antara kerajaan. Karena kelihaian seseorang dalam bermain pencak silat dapat memperoleh status istimewa dan penghormatan dari orang lain, prestise dan kekuasaan politik. Oleh karena itu praktek  pencak silat dipandang dengan rasa hormat yang besar dan luas. 

Karena banyak kontak antara kerajaan Indonesia, berbagai bentuk penchak silat berinteraksi dan mempengaruhi satu sama lain. Itu juga mengapa hal itu kemungkinan penyebaran silat di berbagai wilayah di mana gaya individu berkembang, menciptakan segudang bentuk dilihat hari ini ketika kita tahu lebih dari 250 gaya penchak silat. 

Tonggak lain dalam gaya penyebaran pencak silat adalah pada abad ke-18 ketika, di bawah penjajahan Belanda, banyak orang Indonesia terpaksa meninggalkan tempat asal mereka. Sementara infrastruktur jalan dan rel telah dikembangkan, yang memungkinkan mobilitas yang lebih besar dari penduduk dan intensifikasi interaksi budaya antara daerah yang berbeda. 

Penchak silat adalah sistem yang kompleks yang menggunakan teknik mencolok dengan lengan dan kaki, soket, proyeksi, pertempuran darat dan pertempuran dengan senjata. Masyarakan Indonesia memiliki fisik yang kuat, atau terlalu kuat sehingga dalam teknik pencak silat selalu membuat tubuh pesilat menjadi kuat.

Fluiditas dan presisi gerakan, mengejutkan dan bergerak serangan tertentu selama pertempuran adalah unsur-unsur yang memastikan tempur efektif. Silat merupakan seni yang sangat lentur dan memungkinkan jenis orang, tanpa memandang usia, jenis kelamin atau kualitas fisik untuk berhasil mengatasi konfrontasi fisik yang kuat. Contoh dari ini adalah sejumlah besar perempuan yang berlatih gaya ini.

Wanita  Indonesia  memainkan peran penting dalam seni bela diri, bahkan  asal pencak silat ini disebabkan oleh, seorang wanita (menurup leganda). 

Teknik senjata pencak silat ada beraneka ragam, khusus untuk setiap senjata di tangan. Dalam pencak silat digunakan sebagai pisau senjata, tongkat pendek, tongkat panjang, pedang, syal atau sarung.

Ada banyak aspek yang diajarkan dalam pencak silat, mulai dari mental, tendangan, gaya gerakan banyak lagi yang saling berbeda antara satu aliran dengan aliran yang lain. Gaya yang paling umum dalam pencak silat antara lain :

- Seni gayung fatani - gaya tangguh dan kuat, tersebar di Malaysia, Thai boxingi (hampir mirip); 
- Harimau - gaya harimau - gerakan yang terinspirasi oleh gerakan dan strategi serangan dan pertempuran harimau; 
- gaya kelelawar Chikalong- (agak meniru gerakan sayap mengalahkan kelelawar, hewan signifikansi mistis di wilayah Indonesia); 
- Raja Naga - Gaya Cobra  - juga hewan yang sangat dihormati dalam simbolisme Asia; 
- Kelantan - Jepang jujitsu gaya yang serupa, dengan penekanan kuat pada soket dan proyeksi; 
- Medan- gaya Malaysia, dengan penekanan pada pertempuran senjata; 
- Setia Hati Teratai - nama ini diberi nama daerah tanaman tertentu bahwa meskipun keindahan dan kelembutan itu sangat beracun. 

Semua gaya silat, terlepas dari spesifik mereka, memiliki teknik dasar pencak silat yang umum digunakan. Teknik atau sitilah yang sering digunakan meliputi: 
"Langkah" atau perjalanan seni; 
"Jurus" kata atau tao lu serupa dalam gaya Jepang dan Cina; 
"Samba" aplikasi teknis dengan atau tanpa lengan, dengan satu atau lebih lawan; 
"Ilmu" teknik esoteris, meditasi dan pengembangan energi ritual dalam negeri. 
Juga, dari dasar ini ada beberapa bentuk pendekatan dan praktek penchak silylated. 
"Ilmu Bantin" adalah teori gaya, sejarah dan mencakup semua mental, spiritual, energi, gaya esoteris. 
"Olea raga" adalah olahraga pencak silat, gudang teknis telah dikurangi dengan yang memar tidak kompetisi lawan yang mengancam jiwa berlangsung di sistem kontak setengah atau penuh. 
"Bela ruangan dekat" adalah penchak silat tradisional yang terdiri dari semua teknik gaya; itu adalah kelangsungan hidup sebagai bela diri dengan serangan yang tepat pada poin penting, gigi berlubang, daerah sensitif. 
"Seni" adalah seni bela diri pendekatan artistik yang menggabungkan musik tradisional dengan ritual tarian dengan bentuk yang berjalan di musik. 

Beberapa peslita dapat mempraktekan adegan-adegan yang berbahasa seperti memakan beling, mandi dengan air panas, dipotong dengan golok dan sebagainya. Adegan hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang sudah pada tingkat mahir.

Dikatakan bahwa teknik ini sangat berbahaya dan harus diajarkan hanya di bawah bimbingan spesialis, karena risiko bahwa siswa tidak bisa lepas dari trance ini dan mati atau inebuneasca. Dan ini hanya beberapa legenda dan kekuatan yang dikaitkan penchak praktisi silat. 

Pencak silat masih realistis, efisien dan masig sangat asli. Juga, kompleksitas dan banyak masalah yang dapat diatasi dengan pencak sialt seperti kehidupan sehari-hari, seni bela diri, olahraga, tradisi budaya, moral dan bentuk spiritual pendidikan menempatkan dia bersama sistem lain dalam seni bela diri elit.

Share :
18 May 201712:57 WIB #2
Join Date: 12 August 2016
Post: 28

banyak sekali jenis pencak silat di indonesia, seandainya banyak generasi muda yang mau mengembangkannya, saya yakin pencak silat di indonesia akan semakin popular