Image

okezone.com

Back to Okezone
30 May 2017 09:50 WIB #1
155 2 Bookmark
Join Date: 13 September 2016
Post: 27

Tips Mengontrol Anak dari Media Sosial

Content Image

 

Kemajuan teknologi memang sudah tidak bisa dibendung lagi. Teknologi di zaman ini telah memasuki segala aspek kehidupan. Bukti sederhana adalah dari kebutuhan manusia akan ponsel yang kini semakin besar. Bukan hanya orang dewasa saja, kini anak-anak pun bahkan juga sudah memilikinya. Meski dapat diakui jika ponsel bisa membantu manusia dalam berinteraksi lebih mudah, namun hal ini bukan selalu memberikan dampak positif untuk anak karena dalam usianya, anak masih belum cukup mampu menyaring informasi yang didapatnya.

 

Tentunya kondisi seperti ini kerapkali menjadi kekhawatiran bagi setiap orang tua mengingat kini banyak sekali kejahatan yang terjadi hanya karena media sosial. Untuk itu ada baiknya orang tua mengontrol penggunaan gadget pada anak sejak dini sehingga anak juga memiliki batas. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

 

  1. Berikan pemahaman dan ajaklah anak untuk berdiskusi terkait kegunaan media sosial yang sebenarnya yaitu dalam batasan yang positif, seperti jejaring Facebook hanya boleh digunakan untuk anak 13 tahun ke atas.

  2. Jika anak senang mengakses jaringan sosialnya, maka Anda juga harus mau meluangkan waktu untuk menemaninya sehingga Ia bisa diajarkan untuk memilah konten yang memang pantas untuk anak.

  3. Pasangkan perangkat lunak di komputer maupun gadget lainnya yang bisa menyaring konten negatif sehingga akses bisa lebih dibatasi.

  4. Jika Anda memiliki komputer, letakkan komputer di tempat yang umum, misalnya ruang tengah sehingga Anda bisa melihat ketika si kecil sedang membukanya.

  5. Berikan pemahaman kepada anak untuk menggunakan jejaring sosialnya secara positif dan hindarkan dirinya memberikan informasi lengkap diakunnya sebagai langkah berhati-hati.

 

Jejaring sosial memang bukanlah hal yang mutlak buruk untuk anak-anak, namun alangkah baiknya jika anak dikenalkan kepada jejaring sosial ini ketika sudah memiliki cukup akal untuk menyaring informasi. Orang tua juga harus bisa memberikan waktu untuknya sehingga Ia dapat lebih percaya kepada orang tua dibanding dengan teman di akun jejaring sosialnya.


Sumber : adeql.org

Share :