Image

okezone.com

Back to Okezone
16 June 2017 14:22 WIB #1
93 1 Bookmark
Join Date: 30 August 2016
Post: 29

Tips Membangun Kebahagiaan dalam Keluarga

Mengarungi bahtera rumah tangga memanglah merupakan hal yang tidak mudah, namun juga tidak bisa dikatakan sebagai hal yang sulit juga. Ada kalanya menempuh kehidupan berkeluarga itu datangnya cobaan berupa masalah yang menjadi bumbu dalam keluarga. Sementara kiranya semua orang yang sudah berkeluarga punya harapan yang besar untuk dapat mewujudkan keluarga bahagia dan harmonis. Membangun kebahagiaan di dalam keluarga sendiri dapat diciptakan dari berbagai hal, tak terkecuali hal yang sederhana sekalipun. Kunci yang sangat penting dalam mewujudkan kebahagiaan dalam keluarga adalah bersama. Akan percuma rasanya kalau memang yang punya tekad untuk mewujudkan keluarga yang bahagia hanyalah satu orang anggota keluarga saja tanp didukung dengan anggota lainnya. Sehingga perlu untuk semuanya mendukung turut berusaha untuk membangun keluarga bahagia. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang kiranya dapat diaplikasikan untuk membangun kebahagiaan di dalam keluarga :

1. Ciptakan komunikasi sehat di dalam keluarga. Komunikasi jelas merupakan hal yang sangat penting untuk dibangun dengan baik dalam berkeluarga. Komunikasi antara ibu dengan ayah, antara orang tua dengan anak haruslah dibangun dengan baik. Sebanyak apapun pekerjaan ibu dan ayah, upayakan semaksimal mungkin untuk tetap menjaga komunikasi yang baik antara keduanya dan dengan anak. Intensitas berkomunikasi yang baik dan cukup dapat mencegah terjadinya misscommunication yang efektif.

2. Hadirkan quality time semaksimal mungkin saat ada waktu luang. Quality time dengan menghadirkan kegiatan yang sederhana seperti hanya duduk bersama di ruang keluarga dan bercerita-cerita dapat menjadi salah satu cara untuk membangun kedekatan antar anggota keluarga, yang mana ini pun menjadi wujud untuk membangun keluarga bahagia. Dalam waktu kebersamaan dengan semua anggota keluarga ini, jalinlah komunikasi yang baik antara satu sama lain, pancing semuanya untuk aktif menyampaikan pembicaraan.

3. Atur keuangan dalam rumah tangga dengan cerdas. Mengatur keuangan memanglah hal yang tidak bisa dikatakan gampang dalam berumah tangga. Terlebih dalam hal ini umumnya yang mengatur keuangan adalah ibu. Ibu harus bisa sebaik-baiknya untuk mengelola keuangan dengan membaginya pada berbagai kebutuhan keluarga. Jangan lupakan juga untuk menyediakan biaya tak terduga di tabungan yang diperuntukkan bagi keperluan yang mendadak dan tak terduga.

4. Terima setiap masalah yang datang dalam keluarga sebagai tantangan yang harus diselesaikan. Jangan terlalu terbawa emosi dalam setiap menyelesaikan masalah yang ada. Hadapi dengan kepala dingin dan diselesaikan bersama-sama.

baca juga artikel lainnya disini

Share :