Image

okezone.com

Back to Okezone
12 September 2017 12:26 WIB #1
42 2 Bookmark
Join Date: 26 April 2017
Post: 52

Hayo Siapa yang Betah Duduk Lama-Lama? Studi Baru Menunjukkan Kalian Harus Waspada dengan Kebiasaan Ini

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam Annals of Internal Medicine 11 September lalu, menunjukkan fakta mencengangkan bagi kamu yang gak rajin bergerak.

Studi ini menyebutkan resiko kematian dini mengintai orang-orang yang tidak rajin bergerak dan betah duduk. Menurut Keith Diaz, peneliti dari Fakultas Kedokteran, Universitas Columbia, AS, selama ini orang berpikir dengan olahraga saja sudah cukup untuk menjaga kesehatan, namun hasil studi ini mengatakan bahwa olahraga saja tidak cukup.

Apalagi dengan kondisi saat ini, di mana kita makin dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang memudahkan aktivitas. Jadi, penelitian ini merekomendasikan kita untuk menambah frekuensi bergerak dalam sehari disamping melakukan olahraga.

Dari 7.985 orang dewasa berusia lebih dari 45 tahun yang dijadikan sample, mereka diminta untuk memakai alat ukur gerak untuk mengukur tingkat aktivitas yang dilakukan dalam seminggu.

Perilaku tidak aktif responden dihitung dari 77% waktu terjaganya atau sekitar 12 jam dalam sehari. Setelah dilakukan perhitungan, rata-rata lamanya responden duduk adalah 11 menit sedangkan setengah dari responden yang terbiasa duduk akan berdiri rata-rata setiap 30 menit.

Sekitar 14% dari responden yang diteliti memiliki kebiasaan meregangkan kaki dan tangan setiap 90 menit.

Yang mencengangkan, selama dilakukan studi sebaganyak 340 orang responden meninggal dunia setelah diikuti selaam 4 tahun.

Kesimpulannya, mereka yang aktif bergerak dan berdiri melakukan peregangan di sela-sela waktu duduk memiliki resiko kematian dini lebih rendah bila dibandingkan dengan mereka yang duduk dalam waktu yang lama.

Sebab kurang gerak menyebabkan otot mengalami penurunan kemampuan untuk melakukan metabolisme gula secara efisien Nah bila berlangsung lama, maka akan terjadi penumpukan lemak di dalam tubuh yang akan berujung pada penyakit kronis dan berakhir pada kematian.

Wah, jadi selingi dudukmu dengan gerakan-gerakan yang aktif ya.




Sumber:
medisiana.net
Share :
12 September 201713:15 WIB #2
Join Date: 11 August 2017
Post: 48
harus waspada nih

Baca juga berita menarik lainnya :

13 September 201711:37 WIB #3
Join Date: 2 September 2017
Post: 530
Disini aku mau Sharing aja ya
Banyak temen aku yang tercukupi kebutuhannya tanpa kerja
Caranya bagaimana?? hanya mengeluarkan 10 ribu
untuk bermain di www. pokerayam .com hanya hitungan menit saja
ratusan hingga jutaan pun didapat dikarenakan pokerayam
selalu memberikan promo dan keberuntungan kepada member setianya
banyak promo dan hadiah menarik yang akan update disetiap saat
yuk silahkan bergabung pada pokerayam jangan lewatkan
MODAL 10 ribu MENJADI 1 JUTA
info keberuntungan lebih lanjut bbm : D8C0B757