Pada zaman yang semakin canggih ini, pernahkah Anda memperhatikan justru semakin banyak jenis penyakit yang bemunculan? Penyakit-penyakit tersebut sering menyerang di usia-usia produktif. Banyak pakar meyakini bahwa hal tersebut disebabkan karena perubahan gaya hidup. Memang di zaman yang serba praktis ini, membuat manusia menjadi tidak repot dalam berbagai hal namun di sisi lain cenderung membuat manusia menjadi malas.

 Content Image

Hal tersebut bukan dipaparkan tanpa alasan. Dapat Anda lihat bahwa rata-rata umur manusia sekarang justru lebih pendek daripada manusia zaman dahulu. Banyak gaya hidup yang menjadi buruk akibat era kepraktisan yang sedang melanda kehidupan zaman modern. Sebagai contoh menggunakan kendaraan untuk bepergian pada jarak yang relatif dekat, lebih suka mengisi waktu luang dengan duduk-duduk di caffe sambil berselancar di dunia maya ketimbang olahraga, dan berbagai makanan olahan dan junkfood yang kaya lemak jahat dan kolesterol. Belum lagi ditambah dengan polusi yang kian hari kian tinggi kadar pencemarannya. Wajar saja jika semakin banyak jenis penyakit khususnya yang bersifat degeneratif terus bermunculan bahkan menyerang mereka yang masuk kategori usia muda.

 

Untuk itu mengubah pola hidup menjadi lebih sehat perlu dilakukan. Rutinlah berolahraga paling tidak seminggu sekali untuk menjaga kebugaran tubuh, banyak-banyaklah beraktivitas fisik, dan hindari terlalu sering mengonsumsi makanan junkfood yang mengandung banyak kolesterol dan rendah serat. Konsumsi buah dan sayur serta air yang cukup untuk mengubah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat.