Image

okezone.com

Back to Okezone
  • Ngobrol
  • Hukum
  • Karena 8 Alasan Inilah Setya Novanto Harus Ditahan
14 September 2017 16:05 WIB #1
30 2 Bookmark
Join Date: 18 August 2017
Post: 136

Karena 8 Alasan Inilah Setya Novanto Harus Ditahan

Ketua DPR RI, Setya Novanto resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) pada 17 Juli 2017.

Ketua Umum Partai Golkar itu diduga terlibat dalam korupsi proyek penggadaan Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik (e-KTP).

Novanto diduga ikut mengakibatkan kerugian negara hingga Rp2,3 triliun dari nilai proyek Rp. 5,9 triliun.

Novanto disangka melanggar Pasal 3 atau Pasal 2 atay 1 undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberatasan Tindak Pidana Korupsi Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Berdasarkan kasus tersebut berikut adalah 8 alasan kenapa Steya Novanto harus ditahan :

1. Kasus korupsi E-KTP merupakan perkara korupsi dengan kerugian negara terbesar yang ditangani oleh KPK. Setidaknya Rp. 2,3 truliun uang negara hilang karena dikorupsi dalam proyek ini.

2. Kasus ini tidak hanya diduga melibatkan Setya Novanto, tetapi juga banyak anggota DPR RI lainnya. Menurut KPK, sekurangnya 59 anggota DPR dianggap diuntungkan atas korupsi E-KTP.

3. Skandal korupsi E-KTP yang melibatkan banyak pihak ini juga membuat situasi politik menjadi gaduh. Karena diduga menyeret banyak anggota DPR, maka Pansus Angket KPK dibentuk sebagai perlawanan terhadap kerja KPK.

4. Menutup kesempatan upaya Setya Novanto untuk mempengaruhi saksi-saksi dan menghilangkan barang bukti yang mungkin saja masih dibutuhkan oleh KPK.

5. Setya Novanto juga sedang mengajukan Praperadilan atas penetapan tersangka dirinya di Pengadilan. Selain mengulur waktu upaya ini tak lain adalah siasat untuk terlepas dari jerat status tersangka. Apalagi baru-baru ini Setya Novanto mangkir dari panggilan KPK dengan alasan sakit.

6. KPK bisa semakin fokus dalam mempercepat kasusnya untuk dilimpahkan ke pengadilan. Dengan begitu, permohonan praperadilan Setya Novanto akan gugur dengan sendirinya.

7. Menahan Setya Novanto sangat dimungkinkan, mengingat Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) memberikan kewenangan bagi penyidik atau penuntut untuk melakukan penahanan demi kepentingan penyidikan atau penuntutan.

8. Korupsi E-KTP adalah skandal yang menyita perhatian public. Melakukan penahanan terhadap Setya Novanto adalah wujud komitmen KPK membongkar skandal korupsi ini dengan cepat.


Share :
14 September 201717:14 WIB #2
Join Date: 21 August 2017
Post: 44
wow

Baca juga berita menarik lainnya :

 

15 September 201710:03 WIB #3
Join Date: 2 September 2017
Post: 530
Disini aku mau Sharing aja ya
Banyak temen aku yang tercukupi kebutuhannya tanpa kerja
Caranya bagaimana?? hanya mengeluarkan 10 ribu
untuk bermain di www. pokerayam .com hanya hitungan menit saja
ratusan hingga jutaan pun didapat dikarenakan pokerayam
selalu memberikan promo dan keberuntungan kepada member setianya
banyak promo dan hadiah menarik yang akan update disetiap saat
yuk silahkan bergabung pada pokerayam jangan lewatkan
MODAL 10 ribu MENJADI 1 JUTA
info keberuntungan lebih lanjut bbm : D8C0B757