Image

okezone.com

Back to Okezone
  • Ngobrol
  • Bisnis
  • Bagaimana Sukses Buka Usaha Catering Jual Nasi Kotak di Jakarta
13 October 2017 22:06 WIB #1
93 1 Bookmark
Join Date: 13 October 2017
Post: 1

Bagaimana Sukses Buka Usaha Catering Jual Nasi Kotak di Jakarta

Buat yang bisa memasak dan tertarik buka usaha, biasanya memilih membuka usaha katering.

Masalahnya, bagaimana memilih usaha katering yang tepat dan bagaimana cara mengelola usaha katering agar bisa berkembang dengan baik?

Kebanyakan pengusaha catering baru memilih menawarkan nasi kotak.

Kenapa?

Nasi kotak biasanya tidak membutuhkan modal besar, selain itu proses pengerjaannya pun relatif lebih mudah daripada melayani catering pabrik atau catering prasmanan.

Selain itu, melayani pesanan nasi kotak juga tidak membutuhkan banyak peralatan.

Dengan mudahnya proses pengerjaan pesanan nasi kotak, membuat persaingan di bisnis katering nasi kotak terasa begitu ketat.

Setiap bulan, bahkan hampir setiap minggu, pengusaha catering baru dengan penawaran jasa catering khusus melayani nasi kotak selalu ada.

Coba saja ketik di mesin telusur seperti Google, Yahoo, atau Bing dengan kata kunci "nasi kotak jakarta", "nasi kotak di jakarta", "nasi kotak daerah jakarta", atau dengan beberapa variasi kata kunci lain seperti "nasi kotak jakarta barat", "nasi kotak jakarta pusat", "nasi kotak jakarta selatan", "nasi kotak jakarta timur", "nasi kotak jakarta utara", atau berbagai variasi kata kunci lainnya, pasti akan banyak sekali ditemukan nama-nama catering yang telah lama terjun di bidang usaha catering nasi kotak ini, seperti Dapur Solo, Nyonya Hendrawan, Dapur Panglima, Dpawon Catering, dan masih banyak lagi.

Nah bagaimana cara bersaing dengan baik dengan para pengusaha yang telah lebih dahulu terjun melayani pesanan nasi kotak dan kemudian memenangkan persaingan di bidang usaha catering khusus nasi kotak ini?

Mungkin beberapa tips dari saya berikut ini bisa membantu.

1. Observasi

Perhatikan jasa catering di Jakarta yang mana saja yang melayani nasi kotak. Perhatikan menu nasi kotak apa saja yang mereka sediakan dan lihat harga nasi kotak yang mereka tawarkan. Harga yang Anda tawarkan harus terjangkau oleh kalangan yang menjadi target pemasaran Anda, namun tetap perhatikan keuntungan yang Anda ingin dapatkan.

2. Branding

Beberapa pengusaha catering menggunakan kemasan nasi kotak dengan warna tertentu, misalnya Nyonya Hendrawan menggunakan warna kuning untuk kemasan nasi kotaknya, Dapur Solo menggunakan warna coklat, dan Dpawon Catering menggunakan warna merah. Nah mungkin Anda bisa menggunakan warna hitam, biru, atau warna hijau sebagai kemasan nasi kotak Anda.

Beberapa perusahaan catering di Jakarta tersebut menggunakan warna tertentu sebagai branding perusahaan catering mereka. Tujuannya, agar begitu sekali orang melihat warna kemasan nasi kotak mereka langsung bisa mengenali perusahaan catering mana yang menyediakan nasi kotak tersebut.

Saran saya, buatlah kemasan nasi kotak Anda semenarik mungkin, berilah warna yang mencolok dengan desain yang menarik dan mudah dikenali. Cantumkan nomor telepon Anda agar siapa saja yang menemukan kemasan nasi kotak Anda bisa langsung menghubungi.

3. Spesialisasi

Pilihlah spesialisasi Anda, misalnya hanya melayani masakan tradisional daerah tertentu, seperti masakan Jawa, masakan Padang, masakan Bali, atau masakan Sunda. Dengan spesialisasi di bidang masakan daerah tertentu, biasanya usaha catering nasi kotak Anda akan mudah diingat oleh pelanggan Anda.

4. Brosur & Kartu Nama

Cetaklah brosur dan kartu nama. Sematkan beberapa informasi penting tentang usaha nasi kotak Anda seperti nomor telepon atau foto nasi kotak yang Anda tawarkan. Kemudian berikan brosur usaha nasi kotak Anda atau kartu nama Anda kepada orang-orang yang Anda temui di perkumpulan atau di kantor.

5. Internet Marketing

Sadarilah bahwa jaman telah berubah. Sekarang orang lebih banyak mengakses dan mencari informasi melalui internet. Untuk menjaring pelanggan potensial dari kalangan ini, Anda harus memiliki blog atau website agar mudah mereka temukan.

6. Evaluasi dan Rencanakan Strategi

Catatlah pengeluaran dan pemasukan Anda setiap bulan, dan cobalah evaluasi hasil yang Anda dapatkan. Lalu rencanakan strategi pengembangan usaha nasi kotak Anda untuk bulan-bulan berikutnya! Bila perlu, pasanglah iklan pada bulan-bulan tertentu, misalnya ketika memasuki Bulan Ramadhan dan lain sebagainya.

Demikianlah beberapa tips dari saya, semoga bisa memberi inspirasi bagi Anda yang ingin membuka usaha catering khusus nasi kotak. Salam sukses!

Share :
14 October 201710:10 WIB #2
Join Date: 2 September 2017
Post: 1570
Disini aku mau Sharing aja ya
Banyak temen aku yang tercukupi kebutuhannya tanpa kerja
Caranya bagaimana?? hanya mengeluarkan 10 ribu
untuk bermain di www. pokerayam .com hanya hitungan menit saja
ratusan hingga jutaan pun didapat dikarenakan pokerayam
selalu memberikan promo dan keberuntungan kepada member setianya
banyak promo dan hadiah menarik yang akan update disetiap saat
yuk silahkan bergabung pada pokerayam jangan lewatkan
MODAL 10 ribu MENJADI 1 JUTA
info keberuntungan lebih lanjut
BBM : D8C0B757
Line : pokerayam
Whatsapp : +85587646043