Image

okezone.com

Back to Okezone
  • Ngobrol
  • Tutorial
  • LAKUKAN TIPS INI JIKA INGIN CHARGER DAN BATERAI LAPTOP KAMU AWET
15 November 2017 13:54 WIB #1
27 0 Bookmark
Join Date: 27 September 2017
Post: 17

LAKUKAN TIPS INI JIKA INGIN CHARGER DAN BATERAI LAPTOP KAMU AWET

Laptop adalah salah satu gadget penunjang pekerjaan bagi sebagian orang. Terlebih saat ini kebanyakan orang tidak bisa lepas dari teknologi mobile, entah itu untuk membuat data, browsing, bisnis atau belanja online dan lain sebagainya. semua itu harus ditunjang dengan penggunaan laptop portable yang mudah dibawa kemana-mana dan bisa digunakan kapan saja ketika dibutuhkan.

Charger atau adaptor laptop adalah komponen laptop yang memiliki kegunaan untuk pengisian muatan listrik pada baterai laptop. Jika muatan listrik pada baterai laptop telah habis, maka tanpa charger atau adaptor, laptop yang kita miliki tidak akan bisa digunakan. Hal ini dikarenakan setiap laptop hanya dapat digunakan untuk jangka waktu tertentu. Jangka waktu tersebut sangat tergantung pada besarnya kapasitas baterai laptop setelah pengisian muatan listrik. Pada proses pengisian muatan listrik pada baterai ini juga memerlukan bantuan charger atau adaptor laptop.

Laptop tanpa charger atau baterai tidak akan berfungsi sama sekali, pada kesempatan kali ini mbak-minah ingin memberikan sedikit Tips dan Cara Merawat Charger Laptop Supaya Awet. Beberapa tips berikut ini disunting dari berbagai sumber di internet, mari kita simak bersama.

Nah berikut URGENT.ID akan berbagi tips merawat dan mencegah caharger laptop rusak, yuk simak!

Charger Laptop

Tips dan Cara Merawat Charger Laptop Agar Tahan Lama :

  1. Gulung kabel adapter laptop (Charger) dengan baik dan benar, hindari melilitkan kabel pada kotak adapter. Contoh menggulung kabel adapter yang baik telah dicontohkan pada gambar diatas.
  2. Saat menggunakan adapter laptop, pastikan kabelnya tidak ada yang terjepit atau tertindih sesuatu. Karena, hal tersebut bisa merusak serabut kabel (putus).
  3. Jangan menggulung kabel adapter dengan sangat kencang.
  4. Jika adapter laptop sudah sering terputus-putus arus listriknya saat digunakan, itu tandanya adapter laptop sudah rusak. Sebaiknya ganti dengan yang baru, karena adapter masih lebih murah dibandingkan membeli baterai baru atau motherboard jika ikut rusak juga.
  5. Hindari penggunaan Charger laptop pada stop kontak yang voltase listriknya naik turun. Kalau mau aman, gunakan stabilizer agar charger, baterai dan laptop lebih awet.
  6. Perhatikan suhu charger, beberapa Charger bawaan laptop jenis value sering kali melepuh ketika kepanasan. Tentunya hal ini sangat berbahaya. Jika charger sudah terlalu panas, hentikan pemakaiannya.

Baterai Laptop

 

Lakukan perawatan pada batterai, dengan menghindari kondisi dibawah, sebagai berikut :

  1. Jaga kondisi suhu baterai, dan jangan menggunakan lapto di tempat-tempat yang panas seperti di dalam sauna atau sejenisnya. Intinya usahakan hentikan penggunaa laptop jika baterai sudah terasa panas. Karena panas berlebih dan terus menerus bisa menurunkan daya tahan baterai.
  2. Untuk baterai laptop jenis Lithium Ion (Li-Ion), usahakan jangan menggunakannya sampai benar-benar habis. Segera lakukan pengecasan, ketika daya baterai sudah mencapai 10-20 persen.
  3. Jika menggunakan laptop dengan jangka waktu yang lama, usahakan untuk melepas baterai ketika digunakan. Kecuali untuk laptop yang sudah memiliki auto cut-off, aliran listrik ke baterai terputus otomatis jika baterai sudah terisi penuh.
  4. Jika laptop akan disimpan atau tidak digunakan dalam waktu yang lama, dan ingin menjaga keutuhan daya tampung baterai. sisakan daya pada baterai laptop sekitar 40 persen lalu simpanlah di tempat yang kering.

Demikian sekilas tips merawat charger dan baterai laptop menurut URGENT.ID. Apabila kondisi charger laptop sudah terlanjur rusak jangan terburu-buru untuk menggantgi dengan yang baru, coba aja kunjungi tempat service charger untuk meminimalisir keluar biaya, nah yuk kepoin URGENT.ID. Konsultasikan permasalahan charger dan baterai laptop kalian di SINI. Semoga bermanfaat, dan terima kasih berkunjung hari ini.

Sumber :

http://www.urgent.id/service/charger/

https://urgentid.wordpress.com/2017/11/15/jangan-sepelekan-tips-ini-jika-ingin-charger-dan-baterai-laptop-kamu-awet-yuk-kepoin/

http://minah.co.id/2017/04/tips-cara-merawat-charger-laptop-supaya-awet.html

Share :