Image

okezone.com

Back to Okezone
  • Ngobrol
  • Lounge
  • Gara-Gara Tulisan di Sebuah Tato, Dokter Memutuskan Tidak Selamatkan Nyawa Pasiennya
7 December 2017 10:33 WIB #1
835 2 Bookmark
Join Date: 16 March 2017
Post: 142

Gara-Gara Tulisan di Sebuah Tato, Dokter Memutuskan Tidak Selamatkan Nyawa Pasiennya

Tim dokter sempat mengalami konflik batin ketika berhadapan dengan seorang pasien berusia 70 tahun dengan kondisi tidak sadarkan diri dengan masalah kesehatan yang sangat serius. Di dadanya, ia memiliki tato bertuliskan "Do Not Resuscitate" atau "Jangan Disadarkan". Tulisan ini berarti larangan untuk melakukan resusitasi untuk mengembalikan fungsi jantung pasien.

Content Image
Seorang pria yang tanpa identifikasi dan tanpa didampingi keluarga ini sempat mendapatkan perawatan di ICU rumah sakit di Florida, Amerika Serikat. Kondisi pasien sangat memprihatinkan dengan sejumlah komplikasi yang ia derita. Pada saat itu tim dokter sudah siap untuk memberikan pertolongan, namun tato di dada tersebut membuat tim dokter bingung menentukan langkah.

Apakah tato tersebut adalah sebuah petunjuk? Atau seni belaka? Bagaimana jika itu adalah sebuah pilihan dari pasien terhadap hak hidupnya?

Sempat ingin mengabaikan tulisan di tato tersebut dan mengalami konflik batin, tim dokter memutuskan untuk meminta pertimbangan komite etik. Tak disangka, konsultan etika menasihati dokter untuk menghormati tato tersebut, yang berarti menghormati pilihan hidup pasien agar tim dokter tidak menyelamatkan nyawanya dengan resusitasi jantung.

Kesehatan pria tersebut pun berangsur memburuk dan meninggal dunia, tanpa "dihidupkan" kembali.

Sebelum meninggal, staf medis menemukan bahwa ia sebenarnya telah mengisi formulir yang mengungkapkan keinginan untuk tidak disadarkan.




Sumber:
abc.net.au

Share :
7 December 201717:12 WIB #3
Join Date: 27 November 2017
Post: 24

Wahhh kursi ini cocok banget nih sama yang hobi tidurĀ smile