Image

okezone.com

Back to Okezone
  • Ngobrol
  • Berita
  • Lestarikan Lingkungan, Golkar Banten Giat Tanam Pohon
7 December 2017 13:54 WIB #1
65 0 Bookmark
Join Date: 23 October 2017
Post: 128

Lestarikan Lingkungan, Golkar Banten Giat Tanam Pohon

Content Image

Wakil Gubernur Banten yang juga merupakan kader muda Partai Golkar, Andika Hazrumy menghadiri peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Pohon nasional 2017 tingkat Provinsi Banten. Lokasi giat penanaman pohon tersebut di Hutan Larangan, Kampung Cokel, Desa Curugbitung, Kecamatan Curugbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten pada hari Rabu (06/12/2017).

Pada kegiatan ini, Pemprov Banten melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) menaman sebanyak 25 ribu bibit dari berbagai macam jenis pohon. Diharapkan dengan adanya penanaman pohon ini timbul kelestarian bagi lingkungan yang mendapatkan penghijauan.

Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy dalam sambutannya mengajak kepada seluruh element masyarakat, Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota, BUMN, BUMD dan BUMS untuk menanam dan merawat pohon demi kelestarian alam yang nantinya pasti bisa diwariskan ke generasi berikutnya.

Selain itu, pohon dan hutan menurutnya menjadi sumber kehidupan makhluk hidup dan menjadi pemasok oksigen ke banyak negara. Apalagi jika mengingat Indonesia sebagai daerah tropis dan memiliki tingkat kesuburan yang baik, maka sudah sepatutnya Indonesia diganjar gelar sebagai paru-paru dunia. Dan sudah menjadi tugas juga kewajiban kita untuk menjaganya bersama.

“Momentum hari penanaman pohon ini harus dapat memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat banyak,” tutur Wagub Andika.

Menurut Wagub Andika, tidak ada cara lain untuk mengantisipasi naiknya panas bumi selain menanam pohon yang merupakan upaya menyelamatkan bumi, menjaga keanekaragaman hayati, menghemat dan menumbuhkan mata air yang baru yang memberikan oksigen bagi kehidupan. Toh, bumi dan isinya sekarang merupakan titipan dari anak cucu yang memang harus dijaga kelestariannya.

“Kita harus memahami isu global warning. Diprediksikan, pada tahun 2050 panas bumi bisa naik mencapai 2 derajat Celcius. Oleh karena itu penanaman pohon ini sangat membantu. Kita harus giat dalam menjaga kelestarian lingkungan,” ujarnya.

Andika juga memaparkan bahwa menanam pohon merupakan sebuah tindakan yang filosofis, karena bilamana yang baik ditanam tentu akan menghasilkan yang baik juga. Itu merupakan nilai filosofis yang sejak dahulu ditanamkan oleh pendahulu juga leluhur Indonesia. Apa yang kita tuai adalah apa yang kita tanam.

“Yang kita tanam hari ini Insya Allah akan dapat memakmurkan masyarakat disini. Saya atas nama pribadi dan Pemprov Banten mengapresiasi kepada masyarakat dan perusahaan yang telah menjaga dan melestarikan hutan dan lingkungannya,” kata Andika.

Pada peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia, sekaligus Bulan Menanam Nasional 2017, Pemerintah Provinsi Banten mencatat telah menanam sebanyak 1,5 juta bibit pohon berbagai jenis sebagai bentuk pancanangan gerakan menanam 1 miliar pohon oleh pemerintah pusat. Karenanya pemerintah kabupaten/kota diminta menghimbau seluruh masyarakat untuk menggalakkan gerakan menanam 25 pohon selama hidup.

Hutan yang baik dapat menjadi penyelamat lingkungan hidup dari ancaman berbagai bencana. Selain itu, dapat menjadi penyedia kebutuhan hasil kehidupan, sehingga seharusnya manusia tidak perlu lagi berebut sumber daya jika mampu menjaga kelestarian hutan dan tanaman.

Selain menanam pohon, pada kegitan ini juga dilakukan penebaran benih ikan di rawa sekitar hutan, pameran produksi hasil hutan bukan kayu, pemberian bibit pohon kepada masyarakat sekitar, serta pelatihan budidaya lebah dan jamur tiram kepada beberapa kelompok tani dan masyarakat.

Share :