Image

okezone.com

Back to Okezone
7 December 2017 20:36 WIB #1
62 0 Bookmark
Join Date: 23 October 2017
Post: 119

Soal Dipa 2018 Gubri Terima Arahan Presiden

Hari Rabu (6/12/17) lalu, bertempat di istana Bogor, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menerima daftar isian penggunaan anggaran (DIPA) tahun 2018 dari Presiden Joko Widodo. Sejumlah arahan Presiden pada Penyerahan DIPA 2018 di Istana Bogor, di antaranya adalah menyederhanakan segala urusan dengan pemerintah/birokrasi, dengan adanya sinkronisasikan kegiatan, termasuk antara pusat dan daerah.
Presiden Joko Widodo juga berpesan agar belanja yang focus, tidak tersebar kecil-kecil dengan meningkatkan belanja untuk layanan publik.
Beliau juga mengingatkan agar Perda APBD ditetapkan tepat waktu dengan melaksanakan kegiatan mulai dari awal tahun.

Selain itu Jokowi berpesan untuk melakukan efisiensi belanja operasional. Seperti, rapat, perjalanan dinas, dan lain-lain dengan fokus pada kegiatan inti, bukan kegiatan pendukung. Misalnya, kegiatan pemulangan TKI dialokasikan Rp 3 miliar, sedangkan biaya untuk benar-benar pemulangan TKI hanya Rp 500 juta dan ada juga biaya untuk dukungan seperti rapat koordinasi, perjalanan dinas dan lain-lain Rp 2,5 miliar.

“Dana desa agar dilaksanakan secara swa kelola dengan skim padat karya/cash for work. Gubernur dan Bupati/Walikota agar memberikan pengarahan. Karena tahun 2018 banyak agenda strategis, misalnya, Asian Games, Pilkada, Persiapan Pemilu,” ujarnya.

Untuk itulah Jokowi mengharapkan tetap fokus bekerja dengan melibatkan swasta sehingga tercipta iklim investasi yang kondusif. “Lompatan perbaikan Indeks Kemudahan Berusaha agar dipertahankan,” kata Jokowi.

Share :