Image

okezone.com

Back to Okezone
5 January 2018 10:46 WIB #1
47 4 Bookmark
Join Date: 7 June 2016
Post: 175

Warna Kotoran Telinga Menunjukan Kondisi Kesehatan Tubuh Kamu

Content Image

Berita Terkini ~ Setiap kali ketika kamu ngorek kotoran telingamu, pernah gak sih kamu berpikir bahwa warna kotoran telingamu itu bisa punya artinya tersendiri? Pasti gak pernah kan? Padahal sebenarnya dari kotoran telinga kita yang kelihatannya menjijikan dan punya bau yang khas itu, kita bisa tahu dengan jelas kondisi tubuh kita itu kayak gimana loh!Kotoran pada telinga bukanlah kumpulan dari debu yang bergabung menjadi satu dalam telinga kita, tapi sebenarnya dia adalah kelenjar alami yang dikeluarkan oleh tubuh kita sehingga dia bisa agak lengket ketika kita korek. Kelenjar alami ini sendiri kemudian bercampur dengan asam lemak dan zat lainnya hingga menjadi gumpalan kotoran di telinga kita. Sebenarnya kotoran ini mempunyai fungsi untuk menjaga telinga kita supaya tidak kemasukan hewan, debu ataupun terinfeksi oleh kuman yang berada diluar tubuh kita.

Walaupun demikian, tetap disarankan untuk membersihkan telinga kita beberapa waktu sekali, supaya kita terhindar dari kotoran yang menumpuk dalam telinga kita dan akhirnya malah membuat pendengaran kita menjadi terganggu.
Kalau gitu, sebenarnya apa aja sih warna kotoran telinga yang harus kita waspadai mulai dari sekarang?


Content Image

Warna kuning muda dan Agak lengket
Kotoran telinga berwarna kuning seperti ini merupakan kotoran telinga yang normal pada umumnya. Dia bisa berguna untuk menjaga kelembaban telinga kita dan mencegah telinga kita dari rasa gatal.

Content Image

Warna abu-abu
Nah jangan panik dulu kalau kamu ngelihat warna yang seperti ini, karena ini masih termasuk warna kotoran telinga yang normal. Hanya saja yang membedakannya adalah metabolisme tubuhmu pada saat itu.


Warna kuning muda
Warna kuning muda seperti ini biasanya lebih banyak ditemukan pada anak kecil, tapi seiring pertumbuhan, warna seperti ini akan lama-kelamaan menghilang dengan sendirinya.


Warna hitam dan lengket
Ini pertanda bahwa jumlah keringat yang dihasilkan tubuhmu lebih banyak daripada kadar normalnya. Akibatnya tubuhmu akan mengeluarkan bau yang tidak enak.

Warna hitam tipis
Ketika kamu panik dan stress, kotoran telingamu juga akan semakin banyak. Selain itu, jumlah keringat yang berlebihan juga bisa membuat telingamu tersumbat karena kotoran telinga. Oleh karena itu, kamu harus rajin membersihkan telingamu secara berkala untuk menghindari infeksi pada telingamu terjadi dan juga kurangi aktivitas yang membuatmu stress.

Warna putih dan berbentuk seperti serbuk dan kering
Nah ini adalah warna kotoran telinga yang paling sehat loh! Biasanya orang yang memiliki warna kotoran telinga seperti ini lebih jarang memiliki masalah bau badan.


Content Image

Warna hitam gelap
Ngelihat warnanya aja rasanya udah ngeri banget ya! Ini merupakan pertanda bahwa kamu terlalu banyak tekanan sehingga kelenjar telinga terproduksi terlalu banyak. Selain itu, mungkin saja kamu juga udah terlalu lama gak membersihkan telingamu, sehingga ketika kamu korek dan kotoran telinga ini berinteraksi dengan oksigen, warnanya pun bisa berubah menjadi agak gelap.

Kotoran telinga yang mengalir keluar dari telinga
Jika kamu mengalami gejala seperti ini, segeralah konsultasi pada dokter THT terdekatmu. Hal ini bisa terjadi karena kelenjar yang dihasilkan membawa cairan yang terlalu banyak, sehingga cairan ini pun tidak memadat dan akhirnya mengalir keluar dari telingamu. Ini merupakan salah satu gejala gendang telingamu mengalami infeksi ataupun rusak.

Kotoran telinga yang keluar bersama darah
Kalau kamu juga mengalami gejala seperti ini, kamu harus memeriksakan telinga ke dokter THT segera karena bisa jadi ada yang bermasalah dengan telingamu!

Ternyata perbedaan warna pada kotoran telinga ini punya arti yang lain ya! Nah kalau kamu menemukan gejala yang tidak baik seperti di atas, jangan tunggu lama-lama lagi ya!

Berita Terkini Berita Terakurat Berita Terpercaya Beritamataindonesia
Share :
5 January 201812:43 WIB #3
Join Date: 13 May 2017
Post: 2074
Disini aku mau Sharing aja ya
Banyak temen aku yang tercukupi kebutuhannya tanpa kerja
Caranya bagaimana?? hanya mengeluarkan 10 ribu
untuk bermain di www. pokerayam .com hanya hitungan menit saja
ratusan hingga jutaan pun didapat dikarenakan pokerayam
selalu memberikan promo dan keberuntungan kepada member setianya
banyak promo dan hadiah menarik yang akan update disetiap saat
yuk silahkan bergabung pada pokerayam jangan lewatkan
MODAL 10 ribu MENJADI 1 JUTA
info keberuntungan lebih lanjut
BBM : D8C0B757
Line : pokerayam
Whatsapp : 081296089061 
6 January 201812:00 WIB #4
Join Date: 13 May 2017
Post: 2074
Disini aku mau Sharing aja ya
Banyak temen aku yang tercukupi kebutuhannya tanpa kerja
Caranya bagaimana?? hanya mengeluarkan 10 ribu
untuk bermain di www. pokerayam .com hanya hitungan menit saja
ratusan hingga jutaan pun didapat dikarenakan pokerayam
selalu memberikan promo dan keberuntungan kepada member setianya
banyak promo dan hadiah menarik yang akan update disetiap saat
yuk silahkan bergabung pada pokerayam jangan lewatkan
MODAL 10 ribu MENJADI 1 JUTA
info keberuntungan lebih lanjut
BBM : D8C0B757
Line : pokerayam
Whatsapp : 081296089061 
7 January 201812:49 WIB #5
Join Date: 13 May 2017
Post: 2074
Disini aku mau Sharing aja ya
Banyak temen aku yang tercukupi kebutuhannya tanpa kerja
Caranya bagaimana?? hanya mengeluarkan 10 ribu
untuk bermain di www. pokerayam .com hanya hitungan menit saja
ratusan hingga jutaan pun didapat dikarenakan pokerayam
selalu memberikan promo dan keberuntungan kepada member setianya
banyak promo dan hadiah menarik yang akan update disetiap saat
yuk silahkan bergabung pada pokerayam jangan lewatkan
MODAL 10 ribu MENJADI 1 JUTA
info keberuntungan lebih lanjut
BBM : D8C0B757
Line : pokerayam
Whatsapp : 081296089061