Image

okezone.com

Back to Okezone
6 February 2018 12:09 WIB #1
435 1 Bookmark
Join Date: 21 September 2016
Post: 17

Kerajinan tangan khas lampung

Kerajinan tangan khas lampung

Content Image

Indonesia memiliki banyak sekali kerajinan tangan yang khas dan unik yang tidak di miliki oleh negara negara lain. Mulai dari lukisan, patung, miniature, sampai kain tenun khas daerah daerah tertentu. 

Di Indonesia sendiri memiliki 32 provinsi dan tentu saja di setiap daerah memiliki kerajinan tangan yang berbeda beda karena adat dan istiadat nya juga sudah pasti berbeda. 

Saat ini kita akan membhasa kerajinan tangan khas kota gajah Lampung. Lampung sendiri merupakan daerah ujung selatan pulau sumatera yang bisa dibilang pintu gerbang pulau sumatera ini memiliki bebrapa kerajinan tangan yang hasilnya sudah mendunia. 

Berikut kerajinan tangan khas lampung yang telah kami Bunga Papan Lampung ulas dan telah mendunia itu ;

Kain tapis

Content Image

Kain tapi sendiri merupakan kain khas lampung yang bentuknya seperti kain sarung, di tenun dengan benang kapan dan di sulam benang emas/perak yang bermotif alam. Kain tapis sendiri memiliki beberapa jenis sesuai dengan daerah yang ada di lampung, tapis liwa dari lampung barat, tapis abung dari daerah utara biasa daerah sungkai, tapis peminggir, tapis pepadun dll. 

Cara pembuatan kain tapis sangat lah tradisional sehingga untuk menyelesaikan 1 kain saja bisa memakan waktu 1minggu sampai 1 bulan tergantung dengan jenis kain, dan kerapatan benang nya.

Kain tapis dulunya hanya di gunakan dalam lingkungan adat di kerajaan saja. Kain tapis memiliki motif yang berbeda beda dan tentu saja setiap motif tersebut memiliki arti tersendiri. Motif tapis yang terkenal dan sering di jumpai adalah bintang perak, motif jenis ini biasa di gunakan oleh para ‘muli’ atau gadis lampung untuk acara pesta pernikahan (begawi). Motif dari kain tapis ini menunjukan strata atau kasta dari masyrakat itu sendiri.

Pada era sekarang ini tapis tidak hanya di gunakan untuk bangsawan lampung saja akan tetapi juga bisa di nikmati oleh masyarakat umum. Bahkan dewasa ini para pelaku bisnis di lampung sudah mulai membuat tapis menjadi pakaian yang bisa di kenakan untuk acara sehari hari.

Kerajinan sulam usus

Content Image

Selain kain tapis, lampung juga terkanal dengan kerajinan tangan sulam usus nya. Sulam usus terbuat dari bahan sutera yang di sulam silang kecil. 

Untuk sulam usus sendiri pasarnya sudah menembus eropa, sulam usus termasuk dalam golongan selera ekonimi atas karena kainnya terbuat dari sutera. Cara pembuatan kain usus sangat lah lama dan di butuhkan ketelitian yang cukup tinggi. Sayang nya saat ini kerajinan jenis ini sudah mulai di tinggalkan oleh masyarakat karena pembuatan kain ini sendiri cukup rumit dan lama.

Membahas tetentang kerajinan tangan khas negeri ini memang tidak ada habisnya, di atas tadi merupakan sedikit pengetahuan tentang kerajinan tangan khas daerah lampung yang sudah terkenal  dan mulai masuk pasar luar negeri. Dengan demikian semoga kita patut bangga dan dapat menjaga kelestarian kain tradisional asal daaerah kita. 

Terimakasih telah membaca artikel ini.

Share :