Image

okezone.com

Back to Okezone
9 February 2018 14:57 WIB #1
132 0 Bookmark
Join Date: 8 February 2018
Post: 4

Tetragonula Carbonaria - Lebah Kreatif Yang Membangun Sarang Unik

Seperti kita tahu, selama ini ketika lebah membangun sarang biasanya membentuk segi enam dengan arsitektur yang paling sempurna di muka bumi, bahkan banyak ahli dan arsitektur belajar dari ilmu bangun ruang dari sarang lebah.

Tapi di Australia baru-baru ini (2 Februari 2018) ditemukan bentuk sarang lebah yang tak biasa, sarang lebah yang biasanya membentuk segi enam atau Heksagonal ini sangat unik tapi juga tak kalah luar biasa indahnya, dan pastinya akan menyita perhatian siapapun yang melihatnya. "Sugarbag bees" adalah sebutan umum jenis lebah ini.

Content Image

Lebah berjenis Tetragonula Carbonaria yang masih keluarga besar dari lebah madu, lebah tukang kayu, lebah anggrek yang biasa hidup di daerah tropis di sepanjang bagian utara dan timur negara Australia ini membangun sarangnya dengan bentuk spiral bertingkat seperti Guggenheim (sebuah gedung pameran milik Yayasan Solomon R. Guggenheim, New York).

Content Image

Hasil temuan tak biasa ini bukan saja membuat team dari National Geographic bingung, bahkan team ahli Entomologi Australia, Tim Heard, juga tidak yakin dengan jawabannya sendiri. "Kami telah memiliki 400 data sarang lebah, tapi ini sangat luar biasa". "Apa yang ada dalam fikiran si lebah ini, sebuah kemajuan di zaman modern kah? dan sementara ini kita belum mendapatkan jawaban dan kesimpulan yang memuaskan". 

Tapi sedikit masukan dari salah satu ahli Entomologi ini mengatakan; "Bisa jadi ini bertujuan untuk mengubah struktur aliran udara agar lebih baik, kita sangat tahu bagaimana perubahan iklim dan pemanasan global sekarang, mungkin karena alasan ini atau bukan, atau mungkin ratu lebah jadi lebih mudah mengontrol lebah-lebah pekerja. Yang jelas mereka telah membuat sebuah seni arsitektur yang membuat manusia berdecak kagum" katanya.

Content Image

Keunikan sarang lebah ini bukan cuma dari bentuknya, tapi ternyata sarang lebah ini hanya memiliki satu pintu masuk saja, dimana di situ sudah ada lebah penjaga berjaga-jaga dan dilengkapi dengan senjata jebakan semacam campuran resin yang lengket, dengan demikian serangga lain seperti semut, dan hewan predator lainnya bisa dicegah masuk.

Dan hebatnya, Resin sendiri berfungsi juga untuk membersihkan bakteri jenis patogen dan bersifat mensterilkan lebah-lebah yang datang dari luar, dengan demikian kondisi sarang lebah benar-benar steril dari bakteri jahat. Lebah yang kreatif !

Share :