Image

okezone.com

Back to Okezone
10 February 2018 09:30 WIB #1
644 0 Bookmark
Join Date: 7 February 2018
Post: 7

Apakah Penyakit Paru Paru Basah Bisa Menular ?

Penyakit paru-paru basah merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan peradangan pada organ paru-paru. Penyebab paling umum adalah adanya kontaminasi virus, bakteri, dan jamur. Namun penyakit ini juga bisa terjangkit penyakit ini karena terlalu sering menghirup udara yang tercampur dengan bahan-bahan kimia. Biasanya usia rentan terjangkit penyakit ini adalah usia di bawah 2 tahun dan usia di atas 65 tahun.

Penyakit ini muncul ketika saluran pernafasan terlalu sering terinfeksi. Proses peradangan akan mengakibatkan jaringan paru-paru yang berbentuk aveoli atau kantung udara dipenuhi oleh cairan yang berbentuk nanah sehingga mengganggu peranan paru-paru sebagai tempat pertukaran oksigen. Dan hal ini akan menyebabkan adanya gangguan terhadap sistem metabolisme tubuh.

Benarkah Penyakit Paru Paru Basah Bisa Menular ?

Tentunya pertanyaan itu selalu hadir di benak anda, sayangnya penyakit paru paru basah ini termasuk penyakit yang menular. Jadi berhati hatilah dan harus selalu waspada jangan sampai anda menularkannya kepada orang lain atau anda tertular dari orang yang terkena paru paru basah.

Bagaimana proses penularan dari paru paru basah ini ?

Penyakit paru paru basah di kalangan masyarakat awam sering di anggap sama dengan penyakit tbc , padahal nyatanya berbeda. Akan tetapi penyakit ini ada persamaannya yaitu dari proses penularannya, seperti :

Udara


Diklaim bahwa mereka yang berada satu ruangan dengan yang terkena paru paru basah  memiliki resiko besar untuk terkena paru paru basah, saat bakteri atau  virus paru paru basah ini berterbangan  di udara dan udara tersebut di hirup maka bisa menginfeksi tubuh yang tentunya orang tersebut menjadi tertular  paru paru basah.

Bersin dan batuk


Batuk di klaim menjadi proses penyebaran atau penularan lainya dari paru paru basah, dengan batuk bakteri dan virus penyebab paru paru basah bisa meluncur keluar ke udara. dan juga di yakini saat terkena bersin terutama di area muka akan sangat beresiko terkena paru paru basah

Lewat benda pribadi


Bagi anda yang terkena paru paru basah atau ada anggota keluarga yang terkena paru paru basah kiranya harus menjaga benda pribadi anda dan anggota lainya.

Karena metode penularan dari penyakit paru paru basah ini lewat benda pribadi seperti  lewat alat makan, sikat gigi dll. Harus selalu anda ingat bahwa bakteri penyakit paru paru basah ini mampu bertahan dalam berbagai keadaan atau kondisi.

Salah satu penyakit yang di pandang usia atau jenis kelamin ini adalah penyakit paru paru basah. Sehingga tentunya baik anak anak hinggga orang dewasa dapat terkena penyakit ini.

Seperti yang sudah di singgung tadi bahwa penyakit paru paru basah memang penyakit yang berbahaya dan dapat menular namun harus selalu anda   ingat bahwa penyakit ini memiliki peluang besar untuk bisa sembuh total tentunya bila dengan segera di lakukan pengobatan.

Baca Juga : Obat Herbal Paru Paru Basah





Share :