Image

okezone.com

Back to Okezone
10 February 2018 15:00 WIB #1
40 0 Bookmark
Join Date: 25 January 2018
Post: 3

Apa itu Lensa Kacamata Progresif?

Apa itu Lensa Kacamata Progresif? Lensa progresif adalah lensa yang digunakan untuk mengoreksi penglihatan yang menawarkan gradasi di lensa yang memberikan beberapa tingkat perbesaran. Lensa ini secara klasik diresepkan untuk orang berusia lanjut yang memiliki presbiopia.

Secara historis, orang berusia lanjut membutuhkan lensa dua dimensi atau bahkan trifokal untuk koreksi penglihatan. Lensa ini bisa jadi tidak nyaman dipakai, paling tidak karena zona perbesaran yang jelas berbeda menyebabkan lompatan gambar. Dengan lensa progresif, tidak ada garis dan tidak ada zona yang dibatasi dengan jelas, yang membuat penglihatan lebih halus. Baca juga: Pilihan Kacamata Berkualitas dan Pelayanan Terbaik di Optik Tunggal

Lensa progresif tersedia dalam bentuk kacamata dan lensa kontak. Dalam kedua kasus tersebut, area pembesaran paling ringan ada di bagian atas lensa, dengan pembesaran semakin kuat di bagian bawah lensa. Satu kelemahannya adalah sisi lensa cenderung agak terdistorsi, yang bisa membingungkan saat melihat ke luar sudut mata.

Menyesuaikan diri dengan lensa progresif dapat memakan waktu lama, apakah seseorang beralih dari lensa tunggal atau sepasang lensa bifokal. Beberapa orang merasa pusing, mual, atau bingung selama beberapa hari pertama saat mereka memakai lensa ini.

Beberapa dokter mata merekomendasikan untuk memakai lensa baru, cukup hanya beberapa jam pada satu waktu pada awalnya, agar pasien terbiasa merasakan lensa baru secara bertahap. Pemakai lensa progresif juga perlu belajar tentang cara memanfaatkan lensa, menemukan titik-titik fokus di berbagai area lensa yang memberikan penglihatan tajam untuk berbagai tugas.

Ukuran yang pas sangat penting untuk lensa progresif. Sementara lensa biasa bisa tampak sedikit membingungkan atau mengganggu jika tidak sesuai atau salah ukurannya, lensa progresif bisa sangat berguna jika  dipasang dengan baik. Ketika sepasang lensa progresif baru tiba, dokter mata harus meluangkan waktu untuk memastikan bahwa mereka sesuai dengan benar, dan pemakainya merasa nyaman. Penting juga untuk melakukan pengukuran yang sesuai sebelum lensa dipesan, dan dalam kasus kacamata, untuk memilih bingkai yang sesuai yang sesuai dengan wajah dan mengakomodasi lensa dengan ukuran yang memadai.

Lensa ini juga dikenal sebagai lensa lulus, pals, no-line bifocals, atau lensa varifocal. Ada beberapa alternatif lensa progresif bagi orang yang memilih untuk tidak memakainya. Salah satu pilihannya adalah menggunakan beberapa pasang lensa tunggal, dengan sepasang kacamata dasar hari ke hari dan sepasang kacamata baca yang bisa diganti sesuai kebutuhan. Pilihan lainnya adalah menggunakan lensa bifokal atau trifokal tradisional.


Share :