Image

okezone.com

Back to Okezone
5 March 2018 14:05 WIB #1
129 1 Bookmark
Join Date: 4 January 2017
Post: 36

Kenali 8 Gejala & Ciri Utama Penyakit Mata Katarak Lebih Awal

Kenali 8 Gejala & Ciri Utama Penyakit Mata Katarak Lebih Awal

Content Image


Tahukah Anda ? Penyakit mata katarak menjadi penyebab utama kebutaan di seluruh dunia hingga Indonesia. Bahkan laman depkes.go.id menyebutkan bahwasanya tahun 2014 2016 di 15 provinsi pada penduduk diatas usia 50 tahun menunjukkan prevalensi kebutaan sebesar 3%.

"Angka kebutaan tertinggi di Jawa Timur yakni 4,5 persen dari seluruh populasi dan penyebab utama kebutaan sekitar 81,1 persen karena katarak," kata Spesialis Ophthamologi Masyarakat Departemen Ilmu Kesehatan Mata Fakultas Kedokteran UGM Prof Suhardjo dalam jumpa pers Peringatan Hari Penglihatan Sedunia dengan tema Mata Sehat, Investasi Bangsa,di Ruang Kuliah Poliklinik Mata RSUP Dr Sardjito Yogyakarta, Selasa (10/10).

Baca juga : Cara mudah dan alami ini diketahui ampuh semuhkan penyakit mata katarak tanpa operasi

Dan bagi Anda yang saat ini ingin menghindari komplikasi kebutaan akibat penyakit mata katarak, tentunya Anda harus mengetahui dan mengenali lebih awal apa saja gejala, ciri dan tanda dari penyakit mata katarak itu sendiri.

Di bawah ini terdapat beberapa gejala, ciri dan tanda awal untuk mengetahui lebih dini penyakit mata katarak, diantaranya :

  1. Penglihatan berawan, kabur, berkabut, atau filmy.
  2. Meningkatnya kesulitan dengan penglihatan di malam hari
  3. Sensitivitas terhadap cahaya dan silau
  4. Perlu cahaya terang untuk membaca dan aktivitas lainnya
  5. Melihat "lingkaran cahaya" di sekitar lampu
  6. Sering perubahan kacamata atau resep lensa kontak
  7. Memudar atau menguningnya warna
  8. Penglihatan ganda dalam satu mata

Pada awalnya, kekeruhan pada penglihatan Anda yang disebabkan oleh katarak hanya dapat mempengaruhi sebagian kecil lensa mata dan Anda mungkin tidak menyadari adanya kehilangan penglihatan. Saat katarak tumbuh lebih besar, awan itu menutupi lebih banyak lensa Anda dan mendistorsi cahaya yang melewati lensa. Hal ini dapat menyebabkan gejala yang lebih nyata.

Mengenal penyakit mata katarak

Katarak adalah kesejukan lensa mata yang biasanya bersih. Bagi orang yang memiliki katarak, melihat melalui lensa keruh agak seperti melihat melalui jendela yang dingin atau berkabut. Penglihatan berongga yang disebabkan oleh katarak bisa membuat lebih sulit dibaca, mengendarai mobil (terutama di malam hari) atau melihat ekspresi wajah seorang teman.

Sebagian besar katarak berkembang perlahan dan tidak mengganggu penglihatan Anda sejak dini. Tapi seiring berjalannya waktu, katarak akhirnya akan mengganggu penglihatan Anda.

Pada awalnya, pencahayaan dan kacamata yang lebih kuat dapat membantu Anda mengatasi katarak. Tetapi jika penglihatan terganggu mengganggu aktivitas Anda yang biasa, Anda mungkin memerlukan operasi katarak. Untungnya, operasi katarak umumnya merupakan prosedur yang aman dan efektif.

Share :
5 March 201814:12 WIB #2
Join Date: 30 October 2017
Post: 144

makasih infonya

Baca Juga Berita Menarik Lainnya :