Image

okezone.com

Back to Okezone
3 April 2018 14:11 WIB #1
170 1 Bookmark
Join Date: 4 January 2017
Post: 46

Manfaat & Cara Menggunakan Madu Untuk Mengatasi Luka Bakar

Manfaat & Cara Menggunakan Madu Untuk Mengatasi Luka Bakar

Content Image


Semua orang bahkan Anda tentunya memiliki resiko mengalami luka bakar yang dapat terjadi kapan saja karena berbagai sebab. Beberapa sebab dan kondisi diketahui dapat menyebabkan seseorang mengalami luka bakar seperti diantaranya : Api, knalpot, listrik, seterika dan beberapa kondisi lainnya.

Apakah luka bakar berbahaya ?

Luka bakar terkadang dapat menyebabkan masalah lebih lanjut, termasuk syok, kelelahan panas, infeksi dan jaringan parut.

Tidak hanya itu, luka bakar juga dapat membuat kulit rentan terhadap infeksi bakteri dan meningkatkan risiko sepsis. Sepsis adalah infeksi yang mengancam jiwa yang menyebar melalui aliran darah dan mempengaruhi seluruh tubuh Anda. Ini berlangsung dengan cepat dan dapat menyebabkan syok dan kegagalan organ.

Dan untuk membantu mengatasi luka bakar yang Anda alami, menggunakan bahan alami sepertihalnya madu diketahui dapat menjadi alternatif mudah bagi Anda yang ingin segera sembuh dari luka bakar.

Pada manfaatnya terhadap luka bakar, laman www.nhs.uk menjelaskan bahwa “Madu telah ditemukan lebih baik dalam membantu pemulihan luka bakar daripada perawatan standar yang digunakan oleh NHS,” lapor Daily Mail.

Dalam uji klinis ekstensif yang dilakukan pada tahun 2011 oleh National Institutes of Health, ditemukan bahwa madu membantu dalam proses penyembuhan luka bakar ringan hingga sedang, empat sampai lima hari lebih cepat daripada alat yang digunakan seperti kasa. Madu dikatakan secara ajaib mengangkat jaringan kulit mati dan mengurangi pembengkakan yang menyakitkan.

Selain membantu dalam proses penyembuhan luka bakar, madu mentah juga ditemukan untuk mengurangi jaringan parut yang terjadi setelah luka sembuh. Madu ini dapat memberikan nutrisi dan bahan kimia lainnya yang mempercepat penyembuhan luka.

Dalam penelitian perawatan cepat dan mudah untuk menenangkan luka bakar ringan, para ilmuwan telah menemukan bahwa madu memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat meningkatkan penyembuhan. Sehingga sangat tepat sekali jika madu Anda jadikan sebagai Obat luka bakar alami paling bagus, cepat dan ampuh.

Lalu, bagaimana cara menggunakan madu untuk luka bakar ?

Untuk mengobati luka bakar, cukup dengan mengoleskan madu pada bagian luka bakar. Diamkan beberapa saat agar madu zat madu meresap ke dalam kulit. Setelah luka diolesi madu, jangan diperban atau dibebat karena nantinya malah makin lengket.

Sumber : Manfaat & Cara Menggunakan Madu Untuk Mengatasi Luka Bakar
Share :