Image

okezone.com

Back to Okezone
  • Ngobrol
  • Bisnis
  • Air yang mengalir ke atas dengan kekuatannya sendiri
8 May 2018 14:38 WIB #1
52 0 Bookmark
Join Date: 20 December 2017
Post: 24

Air yang mengalir ke atas dengan kekuatannya sendiri

Hasil gambar untuk pompa ram

Pompa Air - Cerita perjalanan penulis pada Maret 2009 benar-benar terkesan ke desa Babadan, Sleman. Tempat yang diketahui lingkar lereng Gunung Merapi, sebelum meletus 27-28 Oktober 2010. Topografi berbukit-bukit curam, namun kendaraan roda empat bisa hingga ke dalam desa hal yang demikian. Sebahagian besar penduduknya bertani dan beternak skala pedesaan, dan di sebagian daerah dijumpai wadah penampung air cukup besar,dengan distribusi air lewat pipa pvc dan slang plastik tiap rumah.

Sesudah berbincang bincang dengan sebagian penduduk, bahwa mereka tak mengandalkan hujan untuk air minum dan keperluan rumah tangga lainnya, namun mereka menerima air dari jurang bukit di bawah, dengan airnya yang mengalir naik ke atas secara terus menerus lewat pipa akhir PVC 0,5 inchi masuk ke dalam wadah penampung air hal yang demikian.

Terbukti penduduk desa ini menerapkan Pompa Ram Hidraulik, dijumpai berjumlah 3 buah dengan jarak tak demikian itu berjauhan pada dasar jurang hal yang demikian, namun arah pipa masuk air (input) sama kearah sumber air yang keluar dari sisi jurang hal yang demikian.

Pompa Ram Hidraulik (hydraulic ram pump = hydram) ialah salah satu macam pompa air yang berprofesi tak menerapkan daya listrik atau bahan bakar (bensin atau minyak diesel), namun Pompa Ram bisa berprofesi sebab dikerjakan oleh daya air itu sendiri, dengan memanfaatkan sejumlah besar daya aliran air akan berprofesi menaikkan air ke daerah yang lebih tinggi.

Prinsip Kerja Pompa Ram.

Prinsip kerja Pompa Ram ialah progres perubahan tenaga kinetik aliran air menjadi tekanan dinamik dan sebagai alhasil memunculkan palu air (water hammer) sehingga terjadi tekanan tinggi dalam pipa. Dengan mengusahakan agar katup limbah (waste valve) dan katup pengantar (delivery valve), terbuka dan tertutup secara bergantian, karenanya tekanan dinamik diteruskan sehingga air naik ke pipa pengantar keluar (outlet). Jikalau ke dua katup hal yang demikian berprofesi tepat sasaran dan lancar, karenanya keluaran air terjadi terus menerus tanpa henti. 



Baca Juga : Kompresor Swan
Share :

THREADS TERPOPULER