Image

okezone.com

Back to Okezone
29 June 2018 20:56 WIB #1
65 2 Bookmark
Join Date: 26 June 2018
Post: 2

Faktor Berpengaruh Dalam Pola Asuh Anak Yang Baik

Content Image

Banyak ahli perkembangan anak yang mengeluh mengapa orang tua tidak bisa menerapkan pola asuh anak yang baik. Padahal, mereka sudah menjelaskan di berbagai kesempatan. Tidak hanya melalui seminar. Mereka juga mengajarkan bagaimana cara menerapkan pola asuh yang baik melalui artikel yang bisa dengan mudah diakses di internet.

Namun, sepertinya hasilnya jauh dari apa yang mereka harapkan. Ini terlihat dari banyaknya kasus kenakalan anak. Bahkan, ada berita tentang anak SD yang bertengkar hingga mengakibatkan kematian.

Memang kasus semacam itu bisa disebabkan oleh banyak sekali faktor. Namun, faktor pola asuh yang dilakukan oleh orang tua pastinya berpengaruh besar.

Itulah mengapa Hurlock menjelaskan mengenai jenis pola asuh anak. Dalam hal ini, bunda dan juga semua orang tua harus tahu faktor yang mempengaruhi pola asuh orang tua menurut Hurlock.

Sebelumnya, Hurlock membangi pola asuh itu menjadi tiga jenis; yaitu pola asuh otoriter, pola asuh otoritatif, dan pola asuh permisif.

Penjelasan Mengenai Tiga Jenis Pola Asuh

Sebelum membahas mengenai apa saja faktor yang menyebabkan orang tua menerapkan sebuah cara mendidik anak di dalam keluarga, bunda harus ketahui dulu ketiga jenis pola asuh anak yang diklasifikasikan oleh Hurlock.

Tipe pertama adalah pola asuh anak otoriter. Ini jenis pola asuh anak di mana orang tua memegang kendali penuh. Anak harus patuh. Jika tidak, anak akan mendapatkan hukuman. Pola asuh ini cenderung menekan dan tidak memberikan kebebasan kepada anak.

Tipe yang kedua adalah otoritatif. Ini merupakan pola asuh anak yang baik. Mengapa? Karena orang tua berperan sebagai controller saja. Anak dibiarkan untuk melakukan apa saja dan orang tua hanya memberikan batasan. Ia mendampingi dan mencegah jika mungkin terjadi hal yang tidak diinginkan.

Tipe yang ketiga adalah pola asuh permisif. Orang tua yang menerapkan pola asuh ini cenderung memberikan apa saja yang diinginkan oleh anak. Ini berkebalikan dengan pola asuh tipe pertama. Dan jika bunda menerapkan pola asuh ini, si kecil akan tumbuh menjadi anak yang manja.

Faktor Yang Mempengaruhi Penerapkan Pola Asuh

Mungkin tidak semua orang tua tahu mengenai pembagian tipe pola asuh tersebut. Namun, secara tidak sadar, mereka menerapkan salah satu di antara ketiga pola asuh anak tersebut.

Dan penerapan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor.

1.      Pengalaman

Orang tua sangat dipengaruhi oleh apa yang orang tua mereka lakukan ketika masih kecil. Mereka cenderung menerapkan apa yang mereka dapatkan ketika masih kecil.

 

2.      Pengetahuan

Beruntung sekali bagi orang tua yang mengenyam pendidikan, terutama pendidikan psikologi anak. Kemungkinan besar orang tua tersebut bisa memilih mana pola asuh anak yang baik dan mana yang tidak baik.

 

3.      Lingkungan

Bagaimanapun juga, lingkungan sangat berpengaruh terhadap pilihan pola asuh yang dilakukan oleh orang tua. Dan lingkungan ini berkaitan dengan budaya setempat. Tentu saja pola asuh yang dilakukan oleh orang Jawa beda dengan orang Sumatra. Orang tua di Jawa cenderung lebih halus dalam mendidik anak. Apalagi mereka tinggal di daerah sekitar keraton seperti Solo dan Jogjakarta

Itulah beberapa faktor yang mempengaruhi orang tua dalam menerapkan pola asuh terhadap anak. Terlepas dari hal tersebut, setiap orang tua harus memahami bahwasannya penerapan pola asuh anak yang baik akan menentukan bagaimana masa depan anak ketika dewasa nanti.

Share :
30 June 201816:14 WIB #2
Join Date: 12 April 2018
Post: 2756
S1288POKER Memberikan Promo Double Freechip

Bagi Kalian semua yang ingin bergabung dan masih banyak Promo menarik lainnya

Minimal Deposit Rp.10.000,- & Wihtdraw Rp.20.000,-

Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
BBM : 7AC8D76B
WA : 087782869981