Image

okezone.com

Back to Okezone
7 July 2018 15:01 WIB #1
3710 3 Bookmark
Join Date: 28 May 2018
Post: 10

Awas ! 7 Sayur dan Buah Ini Ternyata Mengandung Racun

Ternyata tidak semua buah dan sayur baik untuk dikonsumsi. Faktanya, buah dan sayur yang mengandung racun yang berbahaya bagi tubuh.

"Ide bahwa segala sesuatu yang alami baik untuk anda belum tentu sepenuhnya benar. Kita makan (buah dan) sayuran yang berpotensi mengandung sesuatu yang buruk," kata profesor neurologi dan ilmu kesehatan kerja di Universitas Ilmu Pengetahun dan Kesehatan Oregon, Peter Spencer, seperti dilansir dari CNN,

Menurutnya, banyak tanaman ada bukan untuk diambil manfaatnya melainkan untuk melindungi mereka dari predator.

dilaporkan ada beberapa jenis buah dan sayur yang mengandung racun berbahaya jika tidak diproses dengan tepat sebelum dikonsumsi. Buah dan sayur ini juga berbahaya bagi penderita penyakit tertentu, karena bisa memperparah kondisi penyakit bahkan mengakibatkan kematian.

Berikut ini 7 Daftar nya : 

  • Kacang Merah 
Content Image
Kacang merah mengandung racun alami yang sering disebut fitohemaglutinin. Konsumsi kacang merah dalam keadaan mentah atau yang dimasak kurang sempurna dapat mengakibatkan keracunan yang ditandai dengan mual, muntah, dan nyeri perut yang diikuti diare. Kacang merah yang setengah matang lebih beracun dibanding kacang merah mentah. Dengan demikian, kita harus berhati-hati dalam pengolahannya. 

Pastikan benar-benar matang baru kemudian dapat dikonsumsi. Akan lebih baik jika kacang merah mentah direndam dalam air bersih selama minimal 5 jam, air rendamannya dibuang, lalu direbus dalam air bersih sampai mendidih selama 10 menit, lalu didiamkan selama 45-60 menit sampai teksturnya lembut. Cara ini akan lebih mengurangi risiko terjadinya keracunan.

  • Singkong
Content Image
ini singkong apa pocong ?? Singkong mengandung racun linamarin dan lotaustralin, yang termasuk golongan glikosida sianogenik. Singkong tipe pahit mengandung kadar racun yang lebih tinggi daripada tipe manis. Jika singkong mentah atau yang dimasak kurang sempurna dikonsumsi maka racun tersebut akan berubah menjadi senyawa kimia yang dinamakan hidrogen sianida, yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan. 

Meskipun sejumlah kecil sianida masih dapat ditoleransi oleh tubuh, jumlah sianida yang masuk ke tubuh tidak boleh melebihi 1 mg per kilogram berat badan per-hari. Gejala keracunan sianida pada singkong diantaranya adalah penyempitan kerongkongan, mual, muntah, sakit kepala, bahkan pada kasus berat dapat menimbulkan kematian. Untuk mencegah keracunan, sebelum dikonsumsi sebaiknya singkong dicuci untuk menghilangkan tanah yang menempel. Kulitnya dikupas, dipotong-potong, direndam dalam air bersih yang hangat selama beberapa hari, dicuci, lalu dimasak sempurna, baik itu dibakar atau direbus.

  • Rebung Bambu ( Pucuk Bambu )
Content Image
Racun alami pada pucuk bambu termasuk golongan glikosida sianogenik seperti halnya pada tanaman singkong sehingga gejala keracunannya mirip dengan gejala keracunan pada singkong, antara lain penyempitan kerongkongan, mual, muntah, sakit kepala. Untuk mencegah keracunan, sebaiknya pucuk bambu yang akan dikonsumsi dimasak terlebih dahulu kemudian dibuang daun terluarnya, diiris tipis, 

Content Image

lalu direbus dalam air mendidih dengan penambahan sedikit garam. Kadar sianida yang tinggi dapat dihilangkan dengan proses pemasakan selama 2 jam. Semakin banyak sianida yang hilang, akan semakin baik. Namun, untuk menghindarkan diri dari keracunan, setidaknya perebusan dilakukan minimal selama 8-10 menit.

  • Kentang
Content Image
Racun alami yang dikandung oleh kentang termasuk dalam golongan glikoalkaloid, dengan dua macam racun utamanya solanin dan chaconine. Kentang yang berwarna hijau bertunas, dan secara fisik telah rusak atau membusuk dapat mengandung kadar glikoalkaloid yang tinggi. Racun tersebut terdapat pada daerah yang berwarna hijau, kulit, atau daerah di bawah kulit sehingga jangan sekali-kali kita memilih kentang dengan tampilan fisik demikian. 

Kadar glikoalkaloid yang tinggi dapat menimbulkan rasa pahit, dan gejala keracunan berupa rasa seperti terbakar di mulut, sakit perut, mual, dan muntah. Sebaiknya, kentang disimpan di tempat yang sejuk, gelap, dan kering serta dihindarkan dari paparan sinar matahari atau sinar lampu. Untuk mencegah terjadinya keracunan, sebaiknya kentang dikupas kulitnya dan dimasak sebelum dikonsumsi.

  • Tomat Hijau
Content Image
Tomat mengandung racun alami yang termasuk golongan glikoalkaloid. Racun ini menyebabkan tomat hijau berasa pahit saat dikonsumsi. Untuk mencegah terjadinya keracunan, sebaiknya jangan mengonsumsi tomat hijau, daun dan batang tanaman tomat secara berlebihan.

Content Image

  • Seledri
Content Image
Seledri mengandung senyawa psoralen, yang termasuk ke dalam golongan kumarin. Senyawa ini dapat menimbulkan sensitivitas pada kulit jika terkena sinar matahari.

Untuk menghindari efek racun psoralen, sebaiknya hindari terlalu banyak mengonsumsi seledri mentah. Akan lebih aman jika seledri dimasak sebelum dikonsumsi karena psoralen dapat terurai melalui proses pemasakan sehingga tidak lagi mampu mengakibatkan keracunan.

  • Jengkol 
Content Image
Walaupun makanan ini sangat lezat, ternyata Jengkol mengandung asam jengkol (jengkolic acid) yang dapat mengakibatkan penyakit yang menyerang saluran perkencingan. Keracunan jengkol ditandai dengan sedikitnya air kencing yang dihasilkan, serta rasa pegal dan melilit di daerah pinggang. 

Keracunan ini biasanya timbul apabila seseorang mengonsumsi jengkol mentah karena umunya kadar asam jengkol akan menurun apabila jengkol telah dimasak. Untuk itu, masaklah jengkol sampai benar-benar matang kalau memang ingin mengonsumsi jengkol dengan aman.

Share :
7 July 201821:11 WIB #2
Join Date: 22 March 2018
Post: 2160

Susah nonton Piala Dunia 2018 dari PC / Laptop?
atau
Nonton Piala Dunia 2018 tapi delaynya lama..

Gampang.. tinggal ikuti langkah ini, tiap hari tinggal login ID dan nonton sepuasnya dah...
- ketik link buka-situs.com
- setelah itu masukkan link bumi21.com
- Tekan Daftar dan isi sesuai keterangan yang diminta.. (gak ada rekening? Asal isi aja..)
- Sesudah daftar, Login dan pilih daftar game 368bet..

Kurang mengerti, bisa dibantu dari LiveChat Bumi21 lho...
Buruan yang mau nonton, mumpung lagi pertandingan fase grup..


Content Image