Image

okezone.com

Back to Okezone
  • Ngobrol
  • Berita
  • Ramai-ramai Mendadak Miskin Demi Sekolah, Siapa Salah?
12 July 2018 09:37 WIB #1
37 4 Bookmark
Join Date: 25 June 2018
Post: 156

Ramai-ramai Mendadak Miskin Demi Sekolah, Siapa Salah?


Berita Terkini ~ Ribuan pendaftar sekolah negeri tiba-tiba mengaku miskin. Mereka menyodorkan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) sebagai buktinya. Setelah dicek ke rumahnya, ternyata sebaliknya.

Hal ini terjadi di berbagai tempat, salah satunya di Banyumas, Jawa Tengah. Terdapat siswa yang orang tuanya mempunyai mobil bagus dan bekerja dengan penghasilan yang cukup besar. Selain itu, rumah yang ditempati juga tidak menunjukkan jika siswa tersebut berasal dari keluarga yang tidak mampu.

"Ada yang orang tuanya pegawai swasta dengan penghasilan yang tinggi. Bahkan ada pula yang orang tuanya memiliki rumah yang bagus dan tidak terlihat sebagai keluarga miskin," ujar Kasi SMK, Balai Pengembangan Pendidikan Menengah dan Khusus (BP2MK) Wilayah V Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Provinsi Jateng, Kustrisaptono.

Panitia PPDB SMK Negeri 1 Purwokerto hingga saat ini masih terus melakukan proses rekap terhadap jumlah pendaftar yang menggunakan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). Dari 1.314 pendaftar, 948 merupakan pendaftar yang menggunakan SKTM.

"54 pendaftar sudah mencabut berkas kemarin, yang lain masih dalam proses," kata Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Purwokerto, Asep Saeful Anwar.

Di Magelang, Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kota Magelang melakukan verifikasi terbaru terkait pengguna Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dalam Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) SMA. Hasilnya, sebanyak 305 calon siswa dari 1.443 kuota siswa yang terpenuhi di lima SMAN di Kota Magelang, diketahui menggunakan SKTM. Hasilnya, ada delapan calon siswa pengguna SKTM yang didiskualifikasi karena tidak sesuai penggunaan SKTM-nya.

BACA JUGA : Penyelam Yang Tewas Jadi Pahlawan Penyelamatan Di Gua Thailand

Sementara itu, di Yogyakarta, Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) DIY akan menelusuri dugaan orang mampu yang mendaftarkan anaknya ke salah satu SMA N memakai Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). Sebab, praktik tersebut melanggar aturan.

"Kita memang perlu telusuri (dugaan tersebut). Ketika kita tahu namanya persis, kita bisa segera (bertindak)," kata Kabid Perencanaan dan Standarisasi Disdikpora DIY, Didik Wardaya.

BACA JUGA : Bos FIFA Undang Remaja Thailand Yang Terjebak Di Gua Ke Final

Dengan banyaknya orang-orang yang mendadak miskin, Gubernur Jateng menginstruksikan kepala SMA/SMK negeri melakukan survei lapangan terkait penyalahgunaan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). Salah satu yang ditegur langsung adalah SMAN Mojogedang, Karanganyar. Hasilnya, ada 32 pendaftar yang diragukan kebenarannya.

Kepala SMAN Mojogedang langsung menindaklanjuti instruksi gubernur untuk melakukan survei mulai kemarin sore. Ada 138 pendaftar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang dinilai harus disurvei.

"Sejak kemarin jam lima kami survei. Dari 138 orang, ada 32 yang menurut kami tidak masuk kategori miskin," kata Purwadi.

Mengantisipasi hal itu, SMA di Brebes yang diburu banyak peminat membuat strategis khusus. Yaitu mewajibkan orang tua calon siswa yang menggunakan surat keterangan tidak mampu (SKTM) untuk menandatangani pakta integritas. Kebijakan ini ternyata cukup membuat orang tua calon murid yang ber-SKTM ciut nyalinya.

Mereka pun akhirnya menarik surat tersebut dalam syarat pendaftaran sekolah.

"SKTM memang sedang booming. Di SMAN 2 saja ada banyak yang melampirkan surat miskin ini. Warga yang mengaku ngaku miskin padahal kaya jika terbukti memalsukan bisa dipidana," ujar Kepala SMA N 2 Brebes, Sadimin kepada wartawan, Selasa (10/7/2018).

Menyikapi hal ini, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X meminta Dinas Pendidikan di kabupaten/kota untuk melakukan pengawasan ketat.

"Saya minta dinas ketat untuk mengawasi baik di tingkat satu maupun kabupaten/kota. Izin yang diberikan harus tepat jangan menbohongi, itu pendidikan yang tidak baik," kata Sri Sultan HB X di kantor Gubernur DIY di Kepatihan.

Share :
12 July 201809:51 WIB #2
Join Date: 2 September 2017
Post: 150

wow

Baca juga berita menarik lainnya :

12 July 201810:28 WIB #3
Join Date: 8 July 2018
Post: 47
Ingin Cepat kaya ? jangan ketinggalan ya!
WAJIB Bergabung di dewa168.pw
Apalagi sedang ada Event Piala Dunia dan hadiahnya adalah 1 unit mobil Honda Brio loh!!
12 July 201814:42 WIB #4
Join Date: 24 April 2017
Post: 713

Poker Ceria

==========================================

Join Bersama Pokerceria

Dapatkan Kesempatan Meraih Mitsubushi Xpander Ultimate

Tingkatkan Terus Turnover anda.


https://bit.ly/2N70p0q


Promo Poker Ceria :


- Bonus Refferal up 15%

- Bonus Turnover Harian

- Bonus Turnover Bulanan

- Bonus Tambahan Jackpot


Untuk melihat Promo Rollingan dan Jackpot Tambahan Anda bisa klik link berikut :

PROMO


Kontak Kami :

BBM : 2C007459

Whatsapp : 081511263576

FB : Pokerceria

Minimal dp/wd : 25.000/50.000


website :


Tingkatkan Terus Turnover anda,dapatkan Hadiah Utama.

Proses dp/wd Cepat & Pelayanan Terbaik.



LINK DAFTAR : 


Jenis Game PokerCeria :

Poker

Ceme

QQ Gaple

Blackjack

CapsaSusun

Omaha
Super Ten


LINK DAFTAR :

DAFTAR

https://bit.ly/2N70p0q


12 July 201821:19 WIB #5
Join Date: 22 March 2018
Post: 2239

Susah nonton Piala Dunia 2018 dari PC / Laptop?
atau
Nonton Piala Dunia 2018 tapi delaynya lama..

Gampang.. tinggal ikuti langkah ini, tiap hari tinggal login ID dan nonton sepuasnya dah...
- ketik link buka-situs.com
- setelah itu masukkan link bumi21.com
- Tekan Daftar dan isi sesuai keterangan yang diminta.. (gak ada rekening? Asal isi aja..)
- Sesudah daftar, Login dan pilih daftar game 368bet..

Kurang mengerti, bisa dibantu dari LiveChat Bumi21 lho...
Buruan yang mau nonton...


Content Image